Tugas Seorang Agen Travel

Menjadi agen sebuah travel adalah salah satu bisnis yang cukup memberikan keuntungan. Keuntungan yang diperoleh tentunya tidak hanya dari segi finansial. Selain banyak dicari orang, menjadi agen travel juga melatih kita untuk membuka wawasan dalam dunia traveling dan perjalanan. Manfaat lain yang diperoleh jika menjadi bisnis travel agent adalah menambah jaringan dan kenalan dengan berbagai pihak lain seperti untuk pemesanan hotel dan restoran. Dari situlah kita memiliki banyak channel. Menambah teman dan menambah jaringan tentunya akan memudahkan kita suatu saat nanti. Kita juga dapat pengalaman yang lebih dalam bidang wisata karena agen travel juga harus mengetahui tempat-tempat wisata untuk paket tour dan travel di suatu kota.

Apa Saja Yang Dilakukan Seorang Agen Travel?

Untuk menjadi seorang agen travel, perusahaan biasanya membutuhkan orang yang berlatar pendidikan pariwisata, bahasa, rekreasi, atau gelar manajemen. Mengapa demikian? Karena untuk menjadi bisnis travel agent, Anda akan lebih banyak melakukan promosi sehingga harus memiliki kemampuan berbicara yang baik. Sedangkan keterampilan yang dibutuhkan meliputi kemampuan numerik, keterampilan penganggaran, komunikasi verbal yang baik, keterampilan interpersonal atau hubungan dengan orang lain yang baik dan memiliki kemampuan berbahasa asing. Jika Anda sudah memiliki keterampilan tersebut, Anda dapat dipastikan lolos secara administratif. Apa saja tugas seorang agen travel? Tugas-tugas agen travel adalah sebagai berikut:

  1. Promosi dan pemasaran bisnis. Sebagai agen travel Anda tentu dituntut untuk melakukan promosi dari perusahaan travel melalui berbagai media cetak dan elektronik untuk menarik konsumen.
  2. Memberikan bantuan jasa kepada konsumen mengenai kunjungan tempat wisata dan perjalanan. Produk yang dijual seorang bisnis travel agent adalah sebuah jasa untuk mempermudah perjalanan konsumen.
  3. Mengelola anggaran dana untuk perjalanan konsumen. Agen travel harus pandai menghitung anggaran dana yang akan dikeluarkan konsumen untuk sebuah perjalanan.
  4. Menawarkan wisata liburan dan asuransi perjalanan. Selain menyediakan sarana dan prasarana liburan, agen travel juga perlu menawarkan asuransi selama perjalanan agar konsumen lebih terjamin.

Related posts: