Tips Mengonsumsi Makanan Agar Tulang Sehat Dan Kuat

Kesehatan merupakan hal yang mahal yang harus dimiliki oleh seseorang. Selain kesehatan jasmani seseorang yang kuat juga harus diimbangi dengan kesehatan batinnya. Seseorang melakukan aktivitasnya sehari-hari sesuai dengan kondisi fisik atau kesehatannya. Cara untuk menjaga kesehatan yaitu dengan menjaga konsumsi makanan dan juga kebugaran jasmaninya. Banyak orang yang mengalami masalah kesehatan tertentu akhirnya memilih untuk memperbaiki kesehatannya dengan menjalani diet yang ketat.  Sementara itu kondisi fisik yang kuat juga harus dibarengi dengan kondisi tulang yang sehat.

Menjaga Kesehatan Tulang Melalui Makanan

Beberapa hal yang dapat membuat tulang rapu adalah karena gangguan kekebalan tubuh, perubahan hormonal atau endokrinal, masalah pencernaan, gangguan darah (seperti anemia), ketidakstabilan mental, paparan radiasi, gangguan makan, terapi kanker atau karena kanker, penyakit AIDS, masalah ginjal dan penyakit fatal lainnya. Banyak sebab yang dapat merusak tulang sehingga membuat tulang menjadi rapuh. Bagi Anda yang menginginkan kondisi tulang yang kuat dan juga sehat maka Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan berikut ini;

  1. Mengonsumsi kedelai, makanan yang mengandung protein nabati ini sangat baik untuk kesehatan tulang. Kedelai juga mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Rata-rata orang membutuhkan kalsium sebanyak 1000 mgr. setiap harinya. Selain itu magnesium juga terdapat di dalam makanan yang satu ini.
  2. Telur merupakan makanan yang baik untuk tulang, karena mengandung vitamin D dan merupakan sumber kalsium terbaik. Bagi Anda yang mengonsumsi telur ayam maka sangat baik karena adanya vitamin D serta kalsium yang terdapat di dalamnya. Jika kekurangan vitamin D dapat memperburuk penyakit osteoporosis serta dapat menyebabkan rakitis pada anak-anak.
  3. Mengonsumsi lemak ikan sangat baik karena merupakan sumber yang penting dari kalsium serta vitamin E. Ikan salmon sebanyak 4 porsi mempunyai 250 mgr. kalsium di dalamnya, jadi sangat baik bagi kesehatan tulang.
  4. Kacang serta biji-bijian merupakan makanan yang dapat menjadi cemilan sehat bagi Anda yang ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat.
  5. Mengonsumsi keju juga sangat baik bagi tulang. Sebanyak 1,5 ons keju sudah memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tulang. Akan tetapi dalam mengonsumsinya tidak diperbolehkan terlalu banyak, karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik.

Related posts: