Tips Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

tips kesehatanGigi yang bersih akan membuat penampilan Anda semakin menarik. Karang pada gigi tidak hanya membuat gigi terlihat kotor namun juga berpengaruh pada kesehatan gigi. Jika Anda berpikir bahwa dengan sikat gigi secara rutin tidak akan menyebabkan karang gigi adalah hal yang tidak tepat. Karang gigi tetap akan terbentuk jika Anda tidak melakukan beberapa perawatan gigi dan menghindari penyebab karang gigi. Untuk itu agar mencegah terbentuknya karang gigi maka simak ulasan dibawah ini.

Tips Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar gigi Anda sehat dan terbebas dari beberapa penyebab kerusakan gigi dapat Anda sangatlah mudah. Akan tetapi seringkali kebiasaan baik ini jarang dilakukan karena kurangnya pengetahuan atau belum merasakan dampak buruk jika tidak melakukan kebiasaan baik ini pada gigi. Untuk mencegah terbentuknya karang gigi Anda tidak hanya wajib menyikat gigi secara rutin setiap harinya namun juga perlu membersihkan gigi dengan benang gigi. Pada saat menyikat gigi usahakan Anda menyikat gigi dengan langkah yang benar dan menggunakan sikat gigi yang tepat seperti sikat gigi yang berserat baik dan lembut. Biasakan sikat gigi sebelum tidur, untuk menghindari bakteri berkembang dalam mulut. Sedangkan kebiasaan yang perlu Anda lakukan adalah flossing, membersihkan gigi dengan benang gigi setiap habis makan karena hal ini dapat membuat gigi Anda tetap sehat. Flossing ini memiliki banyak manfaat yaitu mencegah gigi berlubang, terhindar dari karang gigi, dan mencegah wana gigi berubah. Caranya yaitu dengan memasukkan benang gigi ini ke sela-sela gigi dengan menggerakkan naik turun, pastikan tidak melukai gusi Anda. Kemudian hindari merokok dan minuman yang dapat merusak gigi seperti minuman bersoda dan alkohol.

Itulah beberapa hal dalam tips mencegah terbentuknya karang gigi sehingga gigi Anda tetap sehat. Gigi rusak tidak hanya mempengaruhi kesehatan gigi namun juga membuat Anda tidak percaya diri untuk berbicara dan tersenyum. Jadi tunggu apalagi, dan jangan lupa untuk kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Related posts: