Tips Memilih Batik Yang Cocok Untuk Kamu

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang selalu bisa memenangkan hati masyarakat. Walaupun sempat dipandang kolot, tua, dan jadul oleh sebagian anak muda jika menggunakannya, akan tetapi sekarang sudah tidak. Model baju batik wanita sekarang sudah sangat beragam, yang biasanya hanya digunakan pada saat acara tertentu saja sekarang bisa kamu gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Hal ini bukanlah hal yang norak mengingat jenis pakaian batik sekarang ini sudah sangat banyak diproduksi.

Pakaian berdesain batik sudah sangat beragam sekarang ini. Mulai dari kemeja, rok, daster, bahkan jaket. Semua pakaian batik ini tersedia untuk pria maupun wanita. Saking beragamnya pilihan batik, pemilihannya pun kamu harus teliti, karena jika kamu salah memilih batik akan banyak faktor yang bisa menghambat kelancaran fashion kamu.

Jangan Salah Pilih Batik Ya, Lads!

Kesalahan pemilihan batik bisa saja menurunkan rasa percaya diri. Yang awalnya menggunakan batik berniat untuk terlihat cool, akan tetapi motif atau warna batik kamu tidak cocok dipadukan dengan celana atau aksesoris lain bisa menurunkan nilai indahnya. Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips agar tidak salah memilih model baju batik wanita kamu.

  1. Ukuran Batik

Pemilihan batik biasanya ukuranlah yang menjadi perhatian utama. Karena banyak orang yang menjual batik siap pakai dan ternyata ukurannya kurang pas dengan badan kamu. Entah lengannya kurang panjang, maupun panjang bahu yang terlalu panjang. Memilih ukuran bukan berarti mencari yang terlalu ketat di badan atau terlalu longgar, akan tetapi pilihlah ukuran yang pas. Akan lebih baik jika kamu membuat baju batikmu sendiri di penjahit.

  1. Warna Batik

Dalam pemilihan warna yang perlu diperhatikan adalah warna dominan baju atau background. Warna dasar ini menjadi penentu agar bisa dipadukan dengan aksesoris lain. Gunakanlah warna batik cerah jika mendatangi acara casual, dan gunakan warna gelap untuk acara formal.

  1. Motif Batik

Pastikanlah motif dan warna dasar batik sesuai. Jika kamu memiliki tubuh yang cenderung besar, pilihlah batik dengan geometris gambar yang berukuran sedang menuju kecil. Lalu jika kamu memiliki badan kecil, pilihlah batik dengan geometris gambar yang cenderung sedang ke besar. Hal ini akan menyeimbangkan tampilan model baju batik wanita kamu dengan proporsi tubuh.

Related posts: