Tips Makan Sehat Ketika Maag Kambuh

Bagi orang-orang yang memiliki gangguan sakit maag, tentu rasanya sangat tidak nyaman ketika rasa sakit pada lambung ini kambuh. Dengan begitu, hal ini menjadi peringatan untuk kembali menyaring jenis makanan yang telah dikonsumsi selama hari itu, dan juga peringatan dalam mengatur jadwal makan sehari-hari. Ada beberapa rekomendasi dan tips makan sehat bagi penderita sakit maag yang bisa diterapkan agar sakit maag tidak kambuh.

Pertama adalah menjaga pola makan. Penjagaan pola makan ini memiliki tujuan untuk meringankan beban lambung dalam mencerna makanan dan juga memberi sedikit netralisir terhadap lebihnya asam lambung, di antaranya adalah dengan mengonsumsi makanan lunak. Makanan lunak akan membantu untuk meringankan beban lambung karena lambung tidak perlu terlalu susah untuk mencernanya. Makanan lunak yang disarankan adalah seperti sayuran yang dimasak matang hingga lembut, bubur, ikan, dan juga telur rebus. Makanan-makanan seperti ini adalah makanan yang sangat bersahabat untuk penderita gangguan maag kambuhan. Kedua adalah kurangi makanan yang berlemak tinggi. Makanan berlemak akan memberatkan beban kerja lambung karena sulit dicerna, sehingga otot-otot pencernaan akan bekerja lebih keras daripada biasanya. Akan lebih bagus lagi jika tidak hanya mengurangi makanan tinggi lemak, namun menghindarinya sejauh mungkin. Ketiga adalah kurangi makanan pedas. Bagi Anda pecinta pedas namun memiliki gangguan maag, maka sudah saatnya untuk membiasakan diri dengan rasa yang tidak pedas, karena rasa pedas dapat memperparah penyakit maag Anda. Selanjutnya adalah sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, dan juga hindari minuman yang bersoda. Minuman-minuman ini dapat menyebabkan perut diare dan juga kram karena gas yang diproduksi dalam pencernaan.

Penyakit maag yang kambuhan dapat dicegah dengan mengetahui bagaimana cara mengatur pola makan yang tepat. Biasanya, seseorang yang mengalami kambuhnya penyakit maag disebabkan oleh pola makan yang tidak tepat, dan juga tidak teratur dalam menjaga jadwal pola makan. Hidup bisa lebih sehat dengan memperhatikan asupan pola makan dan juga memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Related posts: