Tips Kesehatan Gigi Dan Mulut

tips kesehatanTubuh dan jiwa yang sehat merupakan salah satu aset yang tak tertandingi harganya. Oleh sebab itu, hal ini menjadi kewajiban Anda untuk terus menjaga kesehatan Anda. Untuk memastikan Anda sehat atau tidak Anda perlu melakukan check up rutin kepada dokter. Dengan melakukan check up maka akan mengetahui tindakan apa selanjutnya untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara menjaga kebersihan dan juga kesehatan gigi dan mulut. Gigi dan mulut merupakan salah satu penunjang kehidupan manusia dalam berkomunikasi dan juga untuk konsumsi, maka dari itu sangatlah perlu untuk menjaganya agar tetap bersih dan juga sehat. Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat mulut dan gigi Anda sehat selalu? Berikut ini ulasannya.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Pertama Anda harus rajin gosok gigi. Lakukanlah gosok gigi paling tidak dua kali sehari yaitu pagi sesudah sarapan dan malam saat sebelum tidur. Sikat gigi yang digunakan harus diganti juga tiap 3 atau 4 bulan sekali. Pilihlah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat gigi yang halus dan kepala sikat yang bisa menjangkau semua bagian gigi. Tidak hanya gigi ternyata yang perlu untuk disikat, lidah juga perlu untuk disikat karena bagian ini sangat sensitif dan sering terkena makanan dan minuman.

Untuk pasta gigi yang digunakan, pilihlah pasta gigi yang mengandung flouride. Setelah gosok gigi juga disarankan untuk berkumur menggunakan cairan antiseptik. Benang gigi juga sangat disarankan bagi Anda untuk melakukannya sekali sehari untuk membersihkan plak yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Untuk menjaga agar gigi tetap terjaga kesehatannya, pastikan Anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula. Minumlah air putih yang cukup sehabis makan dan Anda juga harus melatih diri agar memakan buah-buahan segar yang mengandung serat, karena serat dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran yang ada pada gigi.

Related posts: