Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Ketika bulan Ramadhan datang maka semua orang muslim mempersiapkan diri untuk berpuasa. Namun mungkin bagi beberapa ibu hamil Ini adalah sebuah kendala yang cukup besar. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa saya bayi yang ada di dalam kandungan memerlukan nutrisi yang cukup. Namun pada dasarnya ibu hamil tetap diperbolehkan untuk melakukan puasa tetapi harus memenuhi beberapa syarat sehingga tubuh bisa tetap bugar dan sehat ketika berpuasa.

Bagaimana Cara Ibu Hamil Kuat Berpuasa?

Ketika ibu hamil ingin berpuasa maka perlu mengetahui beberapa tips yang bisa membantu ibu hamil dalam menjalankan puasa.

– Penuhi Kebutuhan Energi dan Kalori

Ibu hamil yang memiliki berat badan yang normal maka harus memenuhi kebutuhan energi atau kalori dalam jumlah yang berbeda-beda sesuai dengan usia kandungannya. Untuk kebutuhan kalori pada trimester pertama yakni sekitar 1800 kalori. Untuk trimester kedua yakni sekitar 2200 kalori, sementara untuk trimester yang ketiga adalah 2400 kalori. Kebutuhan kalori ini harus dipenuhi ketika buka dan sahur dan usahakan untuk mengoptimalkan makan dan minum.

– Konsumsi Suplemen

Ada banyak sekali asupan yang diperlukan oleh ibu hamil seperti halnya zat besi, asam folat, kalsium, dan mineral yang cukup. Zat besi yang terdapat di dalam makanan pada dasarnya bisa didapatkan dari makanan jenis daging dagingan dan ini mampu menjaga vitalitas dari ibu hamil. Sedangkan asam folat ini bisa didapatkan dari sayuran hijau yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecacatan pada janin. Sedangkan kalsium ini bisa diperoleh dari ikan salmon, susu, dan bahan-bahan yang lainnya. – Berbuka Dengan Yang Manis dan Hangat

Bagi ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk minum atau makan sesuatu yang dingin ketika berbuka puasa. Karena hal ini bisa pemicu adanya reaksi yang berlebihan di saluran pencernaan. Menu yang sangat cocok bagi ibu hamil ketika berpuasa adalah minuman yang manis dan hangat seperti halnya susu, coklat, atau teh manis hangat. Pada dasarnya minuman hangat Ini bisa memberikan sensasi yang sangat menenangkan di perut.

– Jauhi Terik Matahari

Pada dasarnya cuaca panas bisa membuat dehidrasi. Meskipun kebutuhan cairan ketika buka dan sahur sudah terpenuhi, maka tetap saja ibu hamil harus menjaga aktivitasnya. Untuk itu Usahakan untuk melindungi diri dari teriknya matahari. Apabila ingin keluar dari rumah Maka jangan lupa untuk memakai pelindung seperti halnya payung. Namun lebih baiknya apabila membatasi kegiatan yang dilakukan di luar ruangan ketika cuaca sedang panas terik. Karena jika dehidrasi ini terjadi maka ibu hamil akan kekurangan cairan dan akan merasa kelelahan.

Related posts: