Tentang Timun Yang Kaya Akan Manfaat

Timun atau yang biasa dikenal sebagai mentimun merupakan salah satu sayuran yang mudah ditemukan di negara-negara yang beriklim tropis layaknya Indonesia. Di Indonesia, mentimun sudah menjadi sebuah makanan yang harus ada di meja makan. Sebuah mentimun dijadikan sebagai sebuah pelengkap makanan seperti lalapan di Indonesia. Mentimun ini memiliki rasa yang sedikit manis, segar dan lumayan banyak mengandung air. Meskipun mentimun hanya sebuah lalapan, tetapi siapa sangka jika manfaat timun ternyata cukup banyak.

Kandungan Pada Mentimun

Mentimun memang benar-benar memiliki kandungan yang cukup banyak. Dan rata-rata kandungan tersebut memiliki manfaat yang cukup bagus untuk kesehatan seseorang. Kandungan mentimun diantaranya adalah:

  • Antioksidan

Antioksidan adalah sebuah molekul yang dapat mencegah atau memperlambat proses oksidasi molekul. Sebuah timun memiliki berbagai macam antioksidan seperti vitamin A,  betakaroten, zeaxanthin, luthein, vitamin C, dan alfakaroten. Antioksidan memiliki manfaat seperti mencegah kanker, mencegah radikal-radikal bebas yang berbahaya, serta mencegah penuaan dini.

  • Sodium yang rendah dengan Kalium tinggi

Ketika sebuah makanan mengandung sodium yang terlalu tinggi maka dapat memberikan efek buruk bagi pengkonsumsi yang memiliki hipertensi dan kolesterol. Sodium yang tinggi dapat memicu kolesterol dan hipertensi. Sedangkan kalium dapat menyeimbangkan efek negatif pada sodium. Dengan kandungan sodium rendah tetapi kalium yang tinggi menjadikan manfaat timun sangat terlihat.

  • Kalori rendah

Kalori yang rendah berarti menjadikan sebuah mentimun cukup baik untuk diet. Diet yang dimaksud juga bukan hanya diet berat badan, tetapi diet-diet lainnya juga bisa dengan mengonsumsi mentimun ini.

  • Silika

Sebuah mineral silika sangan berguna untuk otot. Ketika Anda mengonsumsi mentimun berarti Anda telah menguatkan jaringan dan persendian otot-otot Anda.

Bagaimana? Ternyata banyak sekali kan manfaat yang diberikan timun setelah Anda memakannya? Memang kebanyakan orang tidak mengetahui apa manfaat timun. Karena rata-rata orang cenderung hanya berpikir timun sebagai bahan pelengkap bukan merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat. Oleh sebab itu, segera konsumsi timun secara rutin untuk merasakan segudang manfaat di dalamnya!

Related posts: