Tata Cara Pelaksanaan Aqiqah Yang Baik

Sebagai suatu ibadah yang sunah atau bahkan wajib bagi mereka yang mampu, aqiqah tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan syariat agar lebih afdol. Kita mungkin mencari layanan paket jasa aqiqah Bandung untuk menyelenggarakan aqiqah ini. Hal tersebut tentu bukan menjadi masalah karena kita tetap bisa menjalankan ibadah ini dengan baik dan benar selama tata cara yang dilakukan sesuai dengan yang disyariatkan.

Pertama: Pilihlah Hewan Sesuai Syarat Aqiqah

Tentu Anda sudah tahu bahwa hewan yang digunakan untuk aqiqah bukanlah sembarang hewan. Beberapa jenis hewan seperti unta, biri-biri, domba, kerbau, sapi dan kambing adalah yang bisa kita jadikan pilihan untuk hewannya. Sedangkan untuk pilihannya itu sendiri juga ada syarat yang disyariatkan. Misal untuk jenis kelaminnya, dikatakan bahwa jenis kelamin laki-laki lebih dianjurkan meski sebagian ulama mengatakan bahwa baik jantan maupun betina tidak masalah karena tidak ada dalil yang mengikatnya.

Kedua: Sembelih Hewan Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Setelah menentukan hewan yang akan dibeli dari penyedia aqiqah Bandung, inilah saatnya untuk proses penyembelihan. Dalam proses ini, Anda bisa menyembelihnya sendiri atau mewakilkannya. Jika Anda mewakilkannya maka Anda tetap harus menyaksikan prosesinya. Kemudian, dalam penyembelihan tersebut jangan lupa untuk membaca basmallah, shalawat nabi serta takbir dan juga doa penyembelihan hewan untuk aqiqah.

Ketiga: Daging Diolah Dan Dibagikan

Dan setelah pelaksanaan penyembelihan dan pemotongan hewan, saatnya daging dari hewan aqiqah tersebut diolah untuk kemudian dibagikan kepada tetangga dan juga orang-orang yang membutuhkan. Hal inilah yang membuat ibadah yang satu ini bisa menjadi salah satu hal yang mempererat ukhuwah.

Nah selain beberapa langkah di atas, kita juga tak boleh lupa bahwa pelaksanaan aqiqah ini utamanya adalah pada hari ketujuh sejak kelahiran anak. Tetapi apabila belum mampu maka bisa dilakukan di hari ke-14 atau ke-21. Biasanya, pelaksanaan aqiqah ini juga diikuti dengan acara pemotongan rambut dan juga pemberian nama untuk bayi yang baru lahir tersebut. Sekarang, Anda bisa mencari penyedia layanan aqiqah Bandung terbaik untuk membantu Anda.

Related posts: