Tata Cara Dan Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan

doa mandi wajibBerhubungan atau bersetubuh merupakan cara dari sepasang suami istri untuk dapat memiliki keturunan. Tujuan dari pernikahan salah satunya adalah memiliki keturunan dari jalan yang sah. Tentunya, saat maupun setelah berhubungan masing-masing akan mengeluarkan mani yang keluar dari farjinya. Mani dikategorikan sebagai cairan najis sehingga perlu dibersihkan. Cara membersihkannya yaitu dengan mandi wajib. Mandi besar atau junub ini memiliki doa mandi wajib setelah berhubungan. Benar-benar mandi yang istimewa karena memiliki doa tersendiri, syarat, rukun dan juga sunah saat melakukan mandi wajib.

Bagaimana Tata Cara Dan Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan?

Adapun tata cara melakukan mandi wajib yang sesuai dengan rukun-rukun mandi wajib. Rukun tidak boleh ditinggalkan karena merupakan hal yang mendukung suatu kegiatan dapat dinyatakan sah atau tidak. Berikut ini langkah-langkah melaksanakan mandi wajib:

  1. Menyiapkan air untuk mandi. Air ini juga harus suci dari najis agar dapat menyucikan.
  2. Membasuh tangan, lubang hidung serta lubang telinga sebelum melakukan mandi.
  3. Berwudhu sebelum mandi dapat dilakukan juga. Hal ini merupakan sunah.
  4. Menyiramkan air dari ujung kepala yang dibarengi dengan mengucapkan doa mandi wajib setelah berhubungan di dalam hati.
  5. Ulangi penyiraman minimal 3 kali dan kelipatan ganjil.
  6. Disunahkan untuk menyiram anggota tubuh bagian kanan terlebih dahulu baru kemudian anggota tubuh bagian kiri.

Doa mandi wajib setelah berhubungan badan dapat Anda temui di kumpulan doa-doa serta dapat Anda tanyakan langsung kepada ustadz atau ustadzah Anda agar ilmu diterima sesuai dengan yang seharusnya. Setelah Anda melakukan mandi wajib, maka Anda sudah bisa melakukan ibadah-ibadah yang mewajibkan untuk dalam keadaan suci. Ibadah tersebut antara lain sholat, thawaf, puasa dan juga membaca Al Quran. Untuk itu, selalu jaga kesucian diri Anda dari hadast besar maupun kecil agar ibadah Anda lancar. Menjaga kesucian diri merupakan hal yang sangat patut untuk dipertahankan dan dicontohkan kepada orang lain karena Rasulullah pun pernah melakukannya. Islam telah mengatur sedemikian rupa yang tujuannya untuk kemudahan umat di seluruh dunia.

Related posts: