Sriwijaya Dan Kejayaannya Dalam Sejarah

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia pada masa lalu. Adanya banyak peninggalan yang bisa diungkap dari kerajaan ini pun membuat banyak orang ingin belajar lebih dalam lagi tentang sejarah Kerajaan Sriwijaya. Pastinya sebagian besar dari Anda sudah mengerti sedikit tentang kerajaan yang satu ini, karena pernah mempelajarinya di masa Sekolah Dasar. Lalu, apakah Anda ingin sedikit mengingat beberapa kisah sejarah tentang kerajaan yang satu ini?

Kisah Sejarah Sriwijaya Dan Kehebatannya

Karena kerajaan ini berada di masa lampau, tentunya kita hanya bisa bergantung pada kisah-kisah terkait sejarah Kerajaan Sriwijaya yang bisa sampai ke telinga kita. Berikut ini beberapa titik penting terkait dengan Kerajaan Sriwijaya.

  • Perkiraan Berdiri

Kerajaan yang satu ini diperkirakan berdiri pada ke-7 atau sekitar 682 M. Fakta itu dibuktikan dengan adanya prasasti Kedukan Bukit, Palembang. Pada masanya, kerajaan ini diperkirakan menjadi salah satu kerajaan yang kuat di pulau Sumatra.

  • Masa Kejayaan

Berdasarkan bukti-bukti sejarah, masa kejayaan kerajaan Sriwijaya diperkirakan terjadi pada abad 9-10 Masehi. Alasan di balik fakta tersebut menjadi masa kejayaan kerajaan ini adalah karena pada waktu itu, kerajaan ini sedang menguasai perdagangan maritim di jalur Asia Tenggara. Pada masa itu, kerajaan ini bisa menguasai seluruh Sumatera, Semenanjung Malaya, Thailand, Vietnam, Filipina dan juga Jawa.

  • Masa Keruntuhan

Pada sekitar tahun 1007 dan 1023 Masehi, kerajaan ini mendapat serangan dari kerajaan Cholamandala yang dipimpin oleh Raja Rajendra Chola. Berdasarkan penyerangan tersebut, kota-kota besar Sriwijaya berhasil dikuasai dan akhirnya Sriwijaya berhasil ditaklukkan.

  • Jumlah Raja

Semasa berdirinya kerajaan ini, sekitar 20 raja pernah memimpin kerajaan ini. Raja pertamanya adalah Dapunta Hyang Sri Jayanasa dan raja ke 20 adalah Srimat Sri Udayadityawarma Pratapaparakrama Rajendra Maulimali Wardema.

  • Peninggalan Sejarah

Sebagai peninggalan sejarahnya, ada sekitar 7 prasasti yang telah ditemukan dan menjadi bukti kerajaan Sriwijaya di masa lalu.

Pada masa lalu, ada banyak sekali kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia dan kerajaan Sriwijaya hanyalah satu dari sekian banyak kerajaan tersebut. Jika Anda ingin membaca lebih lanjut terkait kerajaan lainnya, Anda bisa mengunjungi PortalSejarah.id.

Related posts: