Sistem Antrian Yang Ada Di Indonesia

Biasanya jika di beberapa tempat umum seperti bank, rumah sakit atau semua tempat umum yang bertugas memberikan pelayanan untuk masyarakat selalu menerapkan sistem antrian untuk menertibkan dan mendisiplinkan masyarakat. Jika kita lihat dan amati biasanya pada rumah sakit dimana masyarakat harus mengantri untuk di panggil dan kemudian di periksa. Itu adalah merupakan salah satu contoh kecil bagaimana antrian. Karena tanpa adanya sistem seperti ini dapat diprediksikan bahwa dapat terjadi ketidaktertiban dan bahkan dapat mengakibatkan kerusuhan. Maka dari itu antrian sangat penting penerapannya dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Bagaimana Sistem Antrian Yang Ada Di Indonesia?

Sebelum kita membahas sistem antrian di Indonesia. Kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana antrian secara teorinya. Ternyata sebenarnya antrian ini memiliki teori yang mana dikemukakan oleh seorang Insinyur dimana jika kita simpulkan bahwa antrian merupakan suatu garis yang berurutan dan lurus dimana juga adanya unsur tunggu layanan dari masyarakat sebagai yang membutuhkan pelayanan dari para pelayan. Antrian ini biasanya di terapkan untuk pelayanan komersial, bisnis, industri, transportasi dan sosial. Contoh-contoh beberapa pelayanan umum yang menggunakan garis antrian antara lain pada pembuatan SIM, pada pembayaran cafe, restoran, supermarket, dimana di dalam bidang industri seperti sistem pergudangan punĀ  menggunakan garis antrian. Beberapa point penting sistem dalam antrian adalah cara kedatangan masyarakat sebagai orang yang membutuhkan pelayanan, sistem dalam pelayanannya dan bagaimana cara keluar dari sistem dalam antrian. Itulah 3 hal yang sangat penting dalam antrian. Kesuksesan penerapan dan penempatan ketiga hal tersebut sangat berpengaruh pada ketertiban dari antrian tersebut.

Antrian ini dibuat juga per periode supaya bisa diatur. Namun tidak di pungkiri di beberapa praktiknya dalam kehidupan ada beberapa antrian yang bersifat random atau acak atau sangat variabel pola kedatangan. Sistem dalam antrian juga harus mempertimbangkan tingkat kesabaran dari masyarakat sebagai pelanggan selain itu juga harus mempertimbangkan jumlah pelanggan dalam antrian dan kapasitas dari antrian. Itulah beberapa point penting dalam sistem antrian yang perlu diperhatikan dan diterapkan supaya sistem pelayanan dapat berjalan lancar dan disiplin.

Related posts: