Proses Pemijahan Ikan Cupang

cipanasfarmJika Anda adalah salah satu orang yang gemar dengan ikan hias, tentu Anda tidak asing bukan dengan ikan cupang? Ya, ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat umum ditemukan. Banyak orang yang menjual ikan jenis yang satu ini. Hal ini dikarenakan keindahan sirip serta warna ikan yang satu ini mampu menarik perhatian para pecinta ikan hias. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menjadikan ikan cupang sebagai ikan aduan. Hal ini dikarenakan sifat ikan cupang sendiri yang cenderung agresif dan selalu berusaha mempertahankan wilayah teritorialnya. Karena semakin banyaknya minat orang terhadap ikan hias yang satu ini membuat banyak orang yang berusaha membudidayakan ikan cupang berbagai tips perikanan mengenai hal tersebut sangat laris dicari.

Langkah Proses Pemijahan Ikan Cupang

Hal penting sebagai tips perikanan dalam budidaya ikan cupang adalah proses pemijahan. Proses yang satu ini merupakan proses perkawinan ikan. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar Anda dapat melakukan pemijahan dengan sukses. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan baskom yang telah diisi dengan air dan diamkan kurang lebih 14 jam. Langkah yang selanjutnya adalah dengan menambahkan tanaman air pada baskom. Jangan tambahkan terlalu banyak karena dapat menghambat oksigen masuk ke dalam air. Langkah yang selanjutnya adalah dengan memasukkan ikan cupang jantan ke dalam baskom. Tunggulah sampai ikan tersebut membentuk gelembung. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan ikan cupang betina ke dalam wadah baskom. Biarkan sampai sekitar 8 jam.

Langkah selanjutnya adalah dengan memisahkan ikan betina dengan ikan jantan. Biarkan ikan jantan menjaga telur ikan tersebut. Ikan jantan akan membawa telur-telur tersebut ke dalam gelembung. Ketika telur sudah menetas, maka pindahkan ikan jantan tersebut dari wadah tersebut. Kemudian lakukan berbagai macam perawatan terhadap larva ikan tersebut. Demikian beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan pemijahan ikan cupang. Jika Anda tertarik dengan dunia perikanan, peternakan, serta pertanian, Anda dapat membaca berbagai macam tips peternakan, perikanan, serta pertanian di cipanasfarm.com.

Related posts: