Posisi Tidur yang Pas Bagi Penderita Sakit Pinggang

Ketika tidur, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan posisi tidur dengan baik. Pasalnya ketika tidur dan posisinya salah pasti ada rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Salah satu bagian paling sering sakit yakni pinggang. Mengapa pinggang sering mengalami sakit? Pasalnya pada bagian pinggang itu akan mendapatkan tekanan yang cukup besar dan lama. Jadi sakit pinggang pun lebih sering terjadi oleh orang-orang.

Beberapa Posisi Tidur Bagi yang Menderita Sakit Pinggang

Menjaga lekukan tulang bagian belakang itu memang perlu dilakukan. Pasalnya tidur di posisi yang salah akan sebabkan rasa sakit pinggang di keesokan harinya. Untuk yang tengah merasakan sakit di pinggang, maka inilah posisi tidur yang dapat diterapkan oleh Anda.

  • Terlentang dan mengganjal lutut dengan bantal

Untuk menghilangkan rasa sakit pada pinggang maka cobalah untuk tidur dalam posisi seperti ini. Pasalnya punggung akan berada di posisi yang lurus, kemudian berat tubuh akan tertopang dengan merata. Dengan menempatkan bantal di bagian bawah lutut, maka posisi tubuh dari kepala sampai ke kaki akan sejajar. Ini akan membantu bagi tubuh Anda menjaga lekukan di tulang belakang.

  • Posisi terentang, menyandar dan berbaring

Jadi ketika tidur, tubuh Anda harus seperti duduk di kursi yang ada senderannya. Tidur di posisi berbaring ini akan memberikan keuntungan bagi penderita sakit pinggang. Anda dapat menempatkan tangan pada atas perut serta dada, jadi tergantung dari kenyamanan yang Anda rasakan.

  • Posisi menyamping dan bantal di antara dua lutut

Anda tidak akan merasakan aneh dengan posisi tidur seperti ini. Pasalnya tanpa di sadari, setiap Anda tidur pun akan menggunakan posisi tersebut. Jadi Anda seperti memeluk bantal atau guling secara menyamping, kemudian memasukkan bantal atau guling ke antara dua lutut. Dengan begitu keadaan pinggang menjadi lebih baik dan nyeri akan terasa berkurang.

  • Merengkuk seperti janin

Membaringkan diri ke samping, entah ke kanan ataupun kiri, maka gunakanlah bantal yang empuk. Sehingga bantal tersebut akan menunjang kepala beserta leher. Setelah itu tekuklah lutut ke dada dan punggung. Usahakan kemiringannya seimbang, seperti posisi bayi dalam kandungan.

Related posts: