Pola Penyiapan Lahan Durian Montong

Bibit DurianBibit durian montong atau bawor biasanya di jual dengan ketinggian yang bervariasi. Namun bibit yang sudah memiliki ketinggian minimal 1 meter sudah siap tanam dan minim risiko untuk mati atau gagal bersemi. Maka dari itu jika Anda ingin sukses menanam bibit tanaman durian sebaiknya beli bibit yang sudah siap tanam sehingga nantinya bibit bisa tumbuh dengan maksimal sesuai dengan yang Anda harapkan. Nah untuk mendapatkan bibit Anda bisa membibitkan sendiri dengan cara melakukan pembibitan dari biji buah durian, hanya saja ada langkah khusus yang harus di lakukan dengan baik dan benar agar supaya bisa mendapatkan bibit yang berkualitas bagus.

Beberapa Pola Penyiapan Lahan Bibit Durian Montong

Berikut akan kita bahas mengenai beberapa jenis pola penyiapan lahan untuk bibit durian montong.

  • Analisis tanah

Sebelum Anda menanam bibit tanaman durian sebaiknya Anda bisa menganalisis tanah tersebut, apakah subur atau tidak, ukur Ph tanah serta mengetahui adanya unsur hara yang baik untuk pertumbuhan tanaman durian. Jika tanah kurang subur maka nanti bisa di lakukan pengapuran terlebih dahulu.

  • Pembukaan lahan

Setelah Anda melakukan analisis tanah yang akan Anda tanami durian montong maka Anda selanjutnya harus melakukan pembukaan lahan. Di antara hal yang harus di lakukan adalah menyingkirkan batang pohon besar, membersihkan bebatuan hingga berbagai tanaman yang sekiranya bisa mengganggu pertumbuhan bibit.

  • Buat bedengan

Dan yang terakhir Anda bisa membuat bedengan untuk menanam bibit. Bedengan di buat dengan kedalaman sekitar 30 cm. Campur tanah galian dengan pasir dan kompos dengan perbandingan 50 : 50. Jangan lupa buat selokan untuk pengairan air di sekitar bedengan.

Pola penyiapan lahan khusus untuk bibit tanaman durian memang harus di lakukan sebaik-baiknya karena hal itu akan berpengaruh langsung pada pertumbuhan dari tanaman durian yang Anda tanam. Pengapuran sendiri di lakukan setelah Anda melakukan penyiraman dan pemupukan pada lahan tanah yang akan di tanami serta di lakukan pada musim kemarau dengan menggunakan pupuk pertanian CaCo3 dengan kadar 90%. Demikian beberapa pola penyiapan lahan yang harus Anda persiapkan untuk menanam bibit durian.

Related posts: