PLTA di Indonesia serta Letaknya

PLTA memiliki kepanjangan Pembangkit Listrik Tenaga Air merupakan proyek penghasil listrik yang sumber energinya berasal dari air. Di Indonesia sendiri ada beberapa PLTA yang dibangun yang tersebar di berbagai daerah. Nama PLTA di Indonesia juga beragam tergantung daerah letak PLTA tersebut dibangun.

Beberapa Nama PLTA yang ada di Indonesia

Di beberapa provinsi Indonesia telah dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Berikut ini nama PLTA di Indonesia yang dibangun di beberapa Pulau besar.

  1. Pulau Sumatera

Di pulau Sumatera terdapat beberapa PLTA yang tersebar dari Nanggroe Aceh Darussalam hingga ke Lampung. Di Aceh sendiri terdapat PLTA Angkup dan PLTA Peusangan. Di Sumatera Utara terdapat PLTA Sigura-gura, Tangga, Lau Renun, Sipansihaporas, dan Asahan I, serta PLTA yang sedang dibangun yaitu PLTA Batang Toru. Di Sumatera Barat terdapat PLTa Agam, Minanjau, dan Singkarak. Di Bengkulu ada PLTA Tes, Musi. Di Riau ada PLTA Kota Panjang dan di Lampung ada PLTA Besai serta PLTA Batutegi.

  1. Pulau Jawa

PLTA yang dibangun di Pulau Jawa tersebar mulai dari Jawa Barat, Tengah dan Timur. PLTa yang ada di Jawa Barat seperti PLTA Ubrug, Bengkok, Cibadak, Cikalong, Saguling, Cirata, Jatiluhur, Lamajan dan Parakan Kondang. Di Jawa Tengah PLTA yang dibangun yaitu PLTa Jelok, Timo, Ketenger, Gajah Mungkur, Garung, Wadaslintang, Mrica, Kedung Ombo, Sidorejo, dan Klambu. Sedangkan di Jawa Timur terdapat PLTA Mendalan, Giringan, Selorejo, Karangkates, Wingi, Ladoyo, Sengguruh, dan PLTA Tulis.

  1. Pulau Kalimantan

PLTA yang terletak di Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. PLTA ini bernama PLTA Riam Kanan.

  1. Pulau Sulawesi

Di Pulau Sulawesi PLTA terdapat pada provinsi Sulawesi Utara, Tengah dan Selatan. PLTA di Sulawesi Utara yaitu PLTA Tonsea Lama, Tanggari I, Tanggari II. Di Sulawesi Selatan terdapat PLTA Larona, Blambano, Kerebbe, Bakaru. Sedangkan di Sulawesi Tengah PLTA Sulawena-Poso I, Sulawena Poso II, dan Sulawena Poso III.

Demikianlah nama PLTA di Indonesia dan letak pembangunannya.

Related posts: