Perubahan Tubuh Ibu Saat Perkembangan Bayi dalam Kandungan

Masa kehamilan menjadi masa yang dinantikan. Perkembangan janin dalam kandungan selama 9 bulan menjadi sesuatu yang dinantikan kelahirannya. Tentunya pada saat hamil para ibu banyak mengalami perubahan bentuk tubuh.

Apa yang Berubah Saat Masa Kehamilan ?

Berikut ini beberapa hal yang berubah saat seorang wanita sedang hamil.

  1. Berat Badan Meningkat

Perubahan utama yang terjadi pada ibu hamil adalah meningkatnya masa tubuh. Hal ini jelas terjadi, ibu yang biasanya hanya menanggung berat badannya sendiri saat hamil ia harus membawa dua orang. Berat bayi dalam kandungan dan berbagai cairan penyempurnaan janin selama berada di kandungan pastinya dapat memberikan masa tubuh yang lebih berat pada ibunya. Selian itu, ada beberapa orang yang saat hamil ukuran badannya tambah lebar atau menggemuk. Beberapa ibu saat hamil terkadang mengalami rasa kurang nafsu makan dan sakit-sakitan, hal ini sebaiknya segera diatasi dengan pemeriksaan dokter.

  1. Punggung yang Terasa Nyeri

Untuk menanggung beban perkembangan janin dalam kandungan selama 9 bulan, ibu akan memiliki bentuk perut yang sangat buncit. Bentuk ini akan membawa perubahan bentuk dan rasa nyeri pada punggung si ibu hamil. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut para ibu hendaknya mengikuti berbagai aktivitas fisik seperti olahraga. Saat hamil usahakan tidur dengan posisi miring dengan ditambah bantal yang diletakkan di antara kedua kaki.

  1. Kaki dan Pergelangan Kaki Membengkak

Saat hamil tubuh ibu hamil akan menyimpan lebih banyak cairan. Hal ini memicu munculnya pembengkakan pada tubuh. Pembengkakan yang sering kali terjadi terletak di bagian kaki dan pergelangan kaki. Saat hamil pilihlah sepatu yang nyaman, tak perlu menggunakan hak tinggi, cukup pakai flat shoes agar aman.

  1. Kulit Gatal

Ibu hamil juga sering merasa hamil pada bagian perut. Jika rasa gatal yang tak tertahankan ini digaruk maka akan memunculkan stretchmark pada perut.

Itulah perubahan yang dialami dalam masa perkembangan janin dalam kandungan selama 9 bulan yang terjadi dalam perut ibu.

Related posts: