Perhatikan Hal Penting Ini Jika Tidur Menggunakan Kipas

Saat ini udara di Indonesia memang sedang panas-panasnya. Hal tersebut tentu menyebabkan banyak masyarakat mengeluh, terutama bagi yang rumahnya tidak memiliki pendingin. Namun meski demikian, sebenarnya Anda bisa memperoleh kenyamanan selama berada di rumah, terutama ketika sedang tidur. Jika memang tak memiliki pendingin ruangan, kipas pun akan menjadi penolong yang tepat. Namun ada hal yang perlu diperhatikan jika setiap tidur Anda menyalakan kipas angin.

Dampak Buruk dari Menyalakan Kipas Ketika Tidur

Meskipun hari sudah malam, namun kenyataannya udara tetap masih terasa panas dan menyebabkan gerah. Hal tersebut jelas menyebabkan beberapa masyarakat mengeluh dan akhirnya tidak nyaman ketika tidur. Namun jangan bingung, kipas angin bisa Anda jadikan penolong jika memang tidak memiliki pendingin ruangan alias AC. Namun sebelum menggunakan kipas, ada beberapa dampak yang perlu Anda ketahui.

  • Debu jadi bertebaran

Meskipun rumah Anda selalu tertutup setiap harinya, namun ketahuilah bahwa debu tetap bisa bertebaran di dalam ruangan. Untuk itu penting sekali bagi Anda untuk rajin membersihkan ruangan dengan cara mengepel dan menyapu. Kemudian ketika Anda tidur menyalakan kipas angin, debu pun bisa bertebaran dan masuk ke dalam sistem pernapasan Anda. Untuk itu berhati-hatilah dan jangan arahkan kipas ke badan secara langsung.

  • Menyebabkan alergi

Ketika kipas angin secara sengaja diarahkan secara langsung ke badan, ini merupakan sebuah hal yang sangat salah. Pasalnya debu yang berada di dalam kamar akan langsung terarah ke badan Anda. Ketika itu terjadi, bagi yang memiliki alergi pasti akan kambuh. Untuk itu Anda harus mengarahkan kipas ke tembok agar angin berputar balik ke arah badan Anda.

  • Menyebabkan otot leher kaku

Ketika angin yang dihasilkan oleh kipas tersebut mengenai badan Anda, tidak hanya masuk angin yang akan terjadi, akan tetapi otot pada bagian leher akan terasa begitu kaku dan sakit ketika dipegang. Untuk itu Anda harus hati-hati lagi jika memang ingin tidur menggunakan kipas. Sehingga tidur jadi lebih efektif dan tidak menimbulkan otot tegang di bagian leher.

Related posts: