Pentingnya Ginjal Untuk Tubuh Kita

Ginjal merupakan salah satu organ vital milik manusia yang memiliki fungsi sebagai salah satu bagian dari sistem ekskresi. Sistem ekskresi sendiri mengandung pengertian sebagai sistem yang melakukan proses pengeluaran dari zat sisa yang dihasilkan dari metabolisme tubuh yang mana zat sisa tadi bisa berupa cair maupun gas. Ginjal sendiri berfungsi mengeluarkan zat sisa dari metabolisme tadi berupa urine. Selain itu ternyata ginjal memiliki berbagai macam fungsi lainnya yang baik bagi tubuh kita seperti mengatur dan juga mempertahankan keseimbangan air tubuh kita, mengatur tekanan darah dalam tubuh kita, menjaga agar asam-basa yang ada dalam tubuh kita tetap seimbang dan berbagai macam manfaat lainnya.

Berbagai Makanan Untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Melihat sangat berharganya ginjal untuk tubuh kita maka ada baiknya mulai sekarang kita melakukan berbagai macam hal agar ginjal kita tetap sehat. Salah satu cara yang tepat adalah mengatur makanan yang kita konsumsi, ada beberapa jenis makan yang baik untuk ginjal.

  • Kembang kol

Sayuran yang satu ini memiliki senyawa yang baik untuk menetralkan racun dalam tubuh kita. senyawa tersebut berupa indoles, folat serat, tiosianat dan juga glucosinolates. Dengan mengonsumsi makanan jenis ini mampu mengurangi kerja ginjal untuk menetralkan racun dalam tubuh.

  • Apel

Apel ini memiliki kandungan kalium yang rendah yang mana kalium ini membantu untuk membersihkan tubuh secara alami. Dengan kemampuannya itu apel juga dipercaya mampu untuk mengatasi penyakit ginjal secara keseluruhan selama penyakit tersebut masih dalam tahap awal.

  • Paprika merah

Sayuran yang satu ini sangat banyak mengandung vitamin dan juga nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam folat dan juga serat. Semua kandungan yang terdapat pada paprika merah ini sangat bagus untuk para pasien yang sedang melawan penyakit ginjal ataupun bagi mereka yang ingin merawat kesehatan ginjalnya.

Meskipun sayuran tadi memiliki manfaat yang bagus untuk ginjal, akan tetapi ada baiknya untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan akan menjadi kurang baik walaupun sebenarnya manfaat di dalamnya sangat baik. Jangan lupa juga untuk mengimbangi makanan tadi dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Related posts: