Peluang Usaha Yang Wajib Dicoba Oleh Masyarakat Desa

Siapa bilang jika masyarakat pedesaan tidak bisa menjadi orang sukses? Justru, masyarakat desa memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi pengusaha yang sukses dan bahkan menjadi seorang jutawan. Bagaimana caranya? Nah, caranya adalah dengan memanfaatkan potensi alam desa, baik dengan bertani maupun beternak. Ya, lahan pertanian Indonesia memang cukup luas. Sayangnya, masih banyak lahan potensial yang belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat harus lebih peka untuk mengolah lahan pertanian dan mengubahkan menjadi keuntungan yang besar. Jika ternyata ada masyarakat yang tidak memiliki lahan pertanian, maka beternak menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat desa untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Inilah Jenis Hewan Ternak Yang Laris Manis Di Pasaran

Sebelum memulai usaha ternak atau perkebunan, maka kita harus pandai melihat keadaan pasar. Kita harus mengetahui apa saka jenis tanaman dan hewan yang laris manis di pasaran. Lalu, jenis hewan apa saja yang cocok diternak oleh masyarakat pedesaan dan cukup laris manis di pasaran? Ini dia jawabannya:

  • Ayam pedaging

Modal awal bisnis ternak ayam pedaging hanya dibutuhkan untuk membuat kandang, membeli bibit, dan menyewa lahan. Dalam waktu 40-50 hari saja, maka ayam potong sudah bisa dipanen dan siap memberikan banyak keuntungan.

  • Bebek atau Itik

Meskipun memiliki masa panen yang lebih lama dari ternak ayam, namun permintaan pasar terhadap daging bebek yang berkualitas juga sangat tinggi. Selain bisa diambil dagingnya, peternak bebek juga bisa sekaligus menjual telur bebek ke pasaran.

  • Burung Puyuh

Hasil utama dari bisnis burung puyuh yang paling dicari oleh pasar adalah telurnya. Namun, peternak juga bisa menjual daging burung puyuh ke berbagai restoran yang menyediakan menu makanan dari daging burung puyuh.

  • Kambing

Di Indonesia, permintaan pasar terhadap daging kambing memang sangat besar. Terlebih jika ada acara-acara tertentu seperti hari raya kurban, aqiqah, dan hajatan, maka permintaan terhadap kambing pasti akan naik hingga berlipat ganda.

Itulah beberapa jenis hewan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin memulai usaha ternak di desa. Selain jenis hewan yang telah disebutkan di atas, tentu masih banyak jenis hewan ternak lainnya yang bisa menjadi pilihan bagi Anda. Beberapa di antaranya adalah ikan hias, ikan lele, sapi, ikan nila, kelinci, ayam kampung, belut, dll.

Related posts: