Paus Terdampar Menjadi Sorotan Dunia

berita aceh

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang mana wilayahnya terbentang luas dari sabang hingga Merauke. Selain terdiri dari banyak pulau yaitu 17 ribu pulau yang ada. Indonesia juga memiliki luas lautan yang juga cukup lumayan dan karena hal inilah Indonesia sering dianggap sebagai suatu negara yang strategis untuk berbagai macam kegiatan jual beli. Tidak hanya itu selain strategis untuk jual beli, lautan Indonesia yang terbentang luas ini juga sering digunakan oleh para hewan laut khususnya melakukan migrasi dari satu tempat ke tempat lainnya. salah satu yang menarik perhatian adalah baru-baru ini menurut portal Aceh terdapat 10 ekor paus yang terdampar di Pantai Ujung Lareng, Kecamatan Aceh Besar, Aceh.

Portal Aceh Mengenai Terdamparnya 10 Paus

Menurut portal Aceh kesepuluh paus ini merupakan jenis paus sperma yang mana keberadaannya di dunia ini sudah terancam punah. Belum diketahui pasti apa penyebab kesepuluh paus ini bisa terdampar di Pantai Ujung Lareng. Sebenarnya fenomena ini bisa dilihat pada jarak 100 meter dari bibir pantai namun lama-kelamaan paus semakin mendekat dan akhirnya terdampar di perairan dangkal. Berita mengenai terdamparnya paus sperma ini menyebar cukup cepat sehingga tidak hanya media lokal saja yang menyoroti berita ini namun media asing juga ikut melakukannya. Untungnya para tim penyelamat sigap dalam menangani masalah ini. Paus yang terdampar ini kemudian ditarik ke perairan laut yang lebih dalam lagi supaya mereka mampu berenang kembali. Dari total sepuluh paus yang terdampar, 2 diantaranya sudah berhasil dibawa ke perairan yang lebih dalam dan dua lainnya sedang di obati karena mengalami luka.

Masalah paus terdampar itu sebenarnya bukan hanya pernah terjadi di portal Aceh saja. Namun ada media asing yang memberitakan bahwa masalah paus terdampar ini pernah terjadi di bagian pantai timur Jawa dengan jumlah paus yang terdampar mencapai 29 ekor yang terjadi pada tahun lalu. Tak berbeda degan yang ada di Aceh, paus yang terdampar ini juga berhasil kembali ke tengah laut dengan bantuan para nelayan yang ada.

Related posts: