Panglima TNI Era Republik Indonesia Serikat

Gatot NurmantyoMemang ada sedikit cerita pasca kemerdekaan terkait dengan tentara nasional yang memang pada waktu itu memiliki peranan yang amat sangat penting terutama bagi kemerdekaan Indonesia. Mungkin sebelum kemerdekaan Indonesia diperoleh, peranan TNI ini sangatlah bagus karena memang perjuangan TNI tanpa henti melakukan perlawanan terhadap para penjajah baik itu melalui berbagai peristiwa heroik yang terjadi di Indonesia ataupun juga peristiwa-peristiwa yang lainnya. Hal tersebut tentunya dapat menjadikan segala sesuatu hal dan macamnya menjadi unik dan menarik karena pada waktu itu kekuatan TNI belum terlalu banyak diperhitungkan di kancah internasional. Akan tetapi dengan berbagai siasat yang ada akhirnya hal tersebut dapat dilakukan oleh TNI dan berhasil mengusir penjajah. Banyak sekali panglima TNI yang berguguran pada waktu itu sebelum kemerdekaan.

Bagaimana Panglima TNI Era Republik Indonesia Serikat?

Mungkin tak banyak yang orang ketahui bahwa pasca kemerdekaan peran dari TNI ini juga sangatlah penting. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya berbagai perlawanan serta peristiwa yang terjadi baik itu di berbagai daerah di Indonesia maupun juga di luar negeri. Yang paling terkenal pada waktu itu adalah terkait dengan agresi militer II Belanda yang banyak mengundang perhatian dunia. Banyak negara-negara di Eropa maupun dunia yang mengecam agresi militer tersebut sebagai dalih bahwa Indonesia sendiri memang resmi sudah merdeka karena banyak mendapatkan pengakuan dari negara lain sehingga hal tersebut sangat menguntungkan Indonesia dan pada saat itu juga muncul banyak panglima TNI. Panglima-panglima ini memiliki peranan penting dalam mengusir Belanda dari Indonesia pasca kemerdekaan.

Tetapi setelah perang kemerdekaan berakhir, jabatan panglima besar yang sebelumnya ada langsung dihapus. Hal tersebut karena Indonesia telah merdeka secara utuh dan bebas dari intervensi negara lain sehingga nantinya hal tersebut sebelumnya dapat dijadikan alat untuk menakuti Belanda. Dengan adanya jenderal atau panglima besar sendiri maka hal tersebut akan tampak sebagai salah satu hal yang sangat unik ke depannya terutama dalam kaitannya dengan berbagai perlawanan yang dilakukan oleh panglima TNI.

Related posts: