Mulai Hidup Sehat Dari Diri Sendiri

tips kesehatanMulai hidup sehat sebaiknya dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu, selain untuk membiasakan hidup sehat menjadi kebiasaan juga supaya apabila kita berbicara dan menasihati orang lain tentang hidup sehat tidak di anggap sok tahu. Selain itu dengan mulai hidup sehat dari diri sendiri akan membuat orang lain yang dekat dengan kita juga ikut tertular hidup sehat lama-kelamaan. Yang tentunya tertular dalam hal yang positif karena membuat orang lain ikut-ikutan hidup sehat yang banyak sekali manfaatnya bila dijadikan sebagai kebiasaan baik. Serta sebagai pembelajaran sebelum mulai hidup sehat dalam ruang lingkup yang lebih besar lagi, misalnya lingkungan dan rumah.

Hidup sehat ini juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk menghargai diri sendiri, karena kalau bukan diri sendiri yang menghargai diri sendiri, siapa lagi? Tidak mungkin yang lain akan menghargai diri kita tidak menghargai diri sendiri. Hidup sehat dari diri sendiri dimulai dari menjaga kebersihan diri sendiri terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mandi secara teratur dua kali sehari, menjaga kesehatan rambut, kuku, kulit dan lainnya dengan melakukan perawatan, baik melakukan perawatan yang dilakukan sendiri ataupun perawatan di salon. Kemudian menjaga kebersihan dari apa saja yang melekat di badan kita ini, misalnya pakaian. Pakaian diganti secara teratur untuk mencegah berkembangnya jamur dan bakteri lain yang menyebabkan penyakit. Penyakit apa saja? Ada banyak. Mau disebutkan? Baiklah. Ada panu, kudis, kurap, jerawat, dan tentu saja bau yang tidak akan nyaman jika tertangkap oleh hidung.

Kemudian yang selanjutnya adalah menjaga kebersihan dan kesehatan dari makan yang dikonsumsi,  jangan makan makanan yang sering terpapar oleh lalat. Karena lalat merupakan salah satu media yang membawa berbagai macam penyakit. Kemudian makan makanan yang sehat. Jangan terlalu sering makan makanan instan dan junk food karena makanan instan dan junkfood itu mengandung banyak pengawet dan bahan-bahan yang tidak bagus untuk tubuh. Selanjutnya adalah melakukan olah raga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak perlu olah raga berat seperti angkat beban, tapi cukup olahraga ringan seperti lari atau lompat tali atau mungkin push up dan sit up.

Related posts: