Modifikasi Motor yang Aman Dari Tilangan

Apakah Anda salah satu orang yang suka modifikasi motor terbaru? Ya, sekarang ini memang ada banyak sahabat bikers yang gemar mengotak-atik motor mereka sesuai dengan ide yang mereka miliki. Sayangnya, tidak sedikit modifikasi motor yang terlalu berlebihan sehingga menghilangkan beberapa komponen atau bagian penting dari motor tersebut. Dalam beberapa kasus, motor yang dimodifikasi dikenakan tilang oleh polisi. Ada beberapa tips melakukan modifikasi motor sehingga terbebas dari tilangan polisi.

Tips Modifikasi Motor yang Aman Dari Tilangan

Bagi Anda yang ingin melakukan modifikasi motor terbaru akan tetapi ingin tetap aman dari tilangan polisi, maka berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan saat modifikasi motor:

  • Tidak mengubah kerangka motor

Tidak sedikit orang yang ingin mengubah kerangka motor untuk tampil lebih keren. Akan tetapi hal yang satu ini justru dilarang tegas oleh pemerintah dan sudah tertulis dalam Undang-Undang. Larangan ini disebabkan karena pada bagian kerangka motor tersebut terdapat nomor seri yang menjadi salah satu syarat utama administrasi.

  • Tidak mengubah dimensi

Yang tercakup dalam dimensi di sini berupa panjang, volume, dan lebar. Dalam surat penting seperti BPKB dan STNK sudah tertulis dengan jelas mengenai ketiga hal terebut. Jika Anda melakukan perubahan maka sudah tidak sesuai dengan dokumen-dokumen tersebut.

  • Tidak mengubah kapasitas mesin

Perubahan kapasitas mesin atau yang biasa disebut dengan bore up kerap dilakukan oleh masyarakat pecinta modifikasi motor. Ini bertujuan untuk meningkatkan performa dari mesin tersebut. Meskipun demikian, hal yang satu ini menjadi salah satu yang dilarang.

  • Melakukan perubahan warna

Selain meningkatkan kapasitas mesin, mengubah warna juga menjadi favorit banyak orang. Hal ini sebenarnya boleh-boleh saja. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah warna motor sesuai dengan warna yang tertulis pada dokumen penting seperti STNK.

Demikian di atas merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk dapat tetap modifikasi motor yang aman tanpa kena tilangan polisi. Untuk informasi lebih lengkap mengenai modifikasi motor, maka Anda dapat mengunjungi modifikasimotorz.com.

Related posts: