Merawat Mata Agar Minus Tidak Bertambah

tips kesehatanMata merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, bagaimana tidak setiap hari manusia beraktivitas tidak lepas dari penglihatan. Tanpa mata, manusia tidak dapat melihat objek-objek yang ada di sekitarnya. Sudah banyak orang yang mengeluhkan sakit pada mata, seperti halnya mata rabun. Biasanya sakit mata banyak disebabkan karena kurangnya kesadaran untuk merawat mata. jika sudah merasakan akibatnya, pasti sangat menyesal sekali. Apalagi setelah merasakan betapa repotnya memakai kacamata atau softlens agar dapat melihat objek dengan jelas. Jika lensa kacamata tidak ingin bertambah tebal, maka mulailah untuk menjaga mata dengan lebih cermat.

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah salah satu cara untuk menghindari bertambahnya minus pada mata. kesehatan mata bisa terjaga jika kita rutin mengonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A. Contohnya seperti wortel dan buah-buahan yang berwarna merah seperti strawberry. Kandungan beta karotin dan vitamin A yang terdapat makanan tersebut sangat baik bagi mata. jangan lupa untuk menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh karena akan menyebabkan disfungsi saraf  dan berakibat buruk pada mata.

Selain membiasakan mengonsumsi makanan sehat, kita juga harus menjalani pola hidup sehat seperti tidur yang teratur agar mata dapat beristirahat dengan baik dan tidak terlalu lelah. Hindari asap rokok dan berhentilah merokok sebab asap dapat merusak mata. kemudian jagalah jarak pandang ketika melakukan aktivitas seperti menonton TV atau membaca buku. Kadang kala kita sudah sering sadar bahwa membaca atau menonton TV terlalu dekat dapat merusak mata, tetapi kita masih kurang memperdulikan hal tersebut. Jarak pandang untuk menonton televisi idealnya antara 50-100 cm sedangkan membaca jarak idealnya sekitar 30 cm. Tips yang terakhir adalah periksalah mata secara teratur ke klinik terdekat agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit lainnya yang tiba-tiba bisa menyerang. Berkonsultasilah kepada dokter mengenai tips agar membuat minus tidak bertambah, siapa tahu dokter dapat memberi nasihat yang lebih jelas. Sekian dan terima kasih.

Related posts: