Menjaga Kondisi Tubuh Saat Ramadan

Bulan suci Ramadhan atau yang biasa disebut dengan bulan puasa menjadi bulan yang ditunggu oleh umat Islam. Pada bulan ini, Masyarakat muslim diwajibkan untuk berpuasa tidak makan dan tidak minum dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Sebagai salah satu negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, ada beberapa tradisi yang dilakukan untuk menyambut bulan suci ini. Terlepas dari persiapan diri untuk menunaikan ibadah puasa, kita juga perlu mempersiapkan fisik agar tetap dalam kondisi fit selama menjalankan ibadah ini. Menjaga kondisi tubuh memang sangat penting terutama saat bulan puasa tiba. Kondisi tubuh yang tidak diberi asupan makanan maupun minuman akan membuat tubuh Anda menjadi lemas selama berpuasa.

Lalu, Apa Saja Yang Harus Anda Lakukan Untuk Dapat Menjaga Kondisi Tubuh Saat Ramadan?

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat saat berpuasa, berikut ini adalah beberapa tips tersebut:

  • Konsumsi air putih yang cukup

Saat berpuasa, akan sangat penting untuk Anda menjaga kandungan air di dalam tubuh. Kekurangan air akan menyebabkan Anda mengalami dehidrasi sehingga Anda merasa lemas selama berpuasa. Karena tubuh membutuhkan setidaknya 8 gela air setiap harinya, maka Anda dapat meminumnya 2 gelas di saat sahur, 4 gelas setelah berbuka puasa, dan 2 gelas menjelang tidur.

  • Istirahat yang cukup

Saat berpuasa, Anda akan disunahkan untuk melakukan sahur sebelum adzhan subuh. Ini membuat Anda harus bangun lebih awal dari waktu biasanya. Agar tubuh Anda tetap dalam kondisi yang fit, maka pastikan bahwa Anda tidur lebih awal sehingga di siang harinya Anda tidak merasakan lemas.

  • Konsumsi buah dan sayur

Ini menjadi hal yang sangat penting untuk Anda lakukan ketika berpuasa. Saat sahur ataupun berbuka, maka pastikan ada sayur atau buah di salah satu menu makan Anda. Buah dan sayur akan sangat penting untuk membuat tubuh Anda merasa segar selama berpuasa.

  • Hindari kafein ketika sahur

Kafein merupakan salah satu senyawa yang dapat Anda temukan pada kopi dan teh. Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein akan membuat Anda menjadi cepat kehilangan cairan di dalam tubuh karena kafein akan membuat Anda bolak balik buang air kecil.

Demikian merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk tetap fit selama bulan suci Ramadan.

Related posts: