Menjaga Kesehatan untuk Ibu Menyusui

Menjadi seorang ibu adalah dambaan bagi hampir semua wanita. Sebuah keluarga tentu akan kurang lengkap jika di dalamnya tidak ada sang buah hati. Ini membuat sang ibu hamil harus benar-benar menjaga kesehatannya selama masa kehamilan. Setelah masa kehamilan, maka tibalah masa menyusui. Masa ini menjadi semasa yang sangat penting untuk menentukan laju pertumbuhan anak. Konsumsi ASI menjadi hal wajib yang harus diberikan pada sang bayi. Hal ini disebabkan pada ASI terdapat berbagai macam nutrisi serta gizi yang tidak akan diperoleh dari bahan lainnya. Dari alasan tersebut, maka sudah tidak heran jika sang ibu menyusui wajib menjaga kesehatannya.

Tips Menjaga Kesehatan untuk Ibu Menyusui

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan sang ibu menyusui agar tetap dalam keadaan yang sehat dan bugar:

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Air putih sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setidaknya 8 gelas setiap harinya. Ini bertujuan untuk menghindari dehidrasi serta rasa lemas selama masa menyusui. Jika Anda mengonsumsi sedikit air, ini juga akan berdampak pada asi yang dikeluarkan. Jika konsumsi air kurang, maka akibatnya akan mengurangi produksi air susu. Di dalam tubuh, air akan membantu proses metabolisme serta membantu penyerapan serta pengolahan gizi yang terdapat di dalam makanan.

  1. Menjaga pola makan

Karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan digunakan untuk tubuhnya serat untuk memproduksi ASI, maka akan lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, energi yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. Ini membuat Anda tidak boleh telah makan.

  1. Menghindari konsumsi makanan yang mengandung kafein

Kafein menjadi salah satu bahan atau senyawa yang masuk ke dalam zat diuretik. Zat ini akan menyebabkan orang yang mengonsumsinya berkali-kali buang air kecil. Jika ini terjadi pada ibu hamil, maka akan menyebabkan sang ibu hamil kekurangan cairan. Selain itu, kafein juga mengurangi kandungan kalsium. Padahal, kalsium akan sangat dibutuhkan di dalam ASI serta tulang.

Demikian merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan sang ibu menyusui untuk menjaga kondisi tubuh tetap dalam keadaan yang sehat serta bugar.

Related posts: