Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Obat Tanaman Tradisional

Indonesia dikenal dengan tanahnya yang subur dan kaya akan jenis tanaman yang beragam. Diantara berbagai jenis tanaman tersebut banyak diantaranya yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Tanaman obat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh orang zaman dahulu sebagai solusi dari berbagai macam jenis penyakit. Kemudian resep dari tanaman obat ini masih bisa kita manfaatkan hingga saat ini secara turun temurun.

Jenis Tanaman Obat Kaya Manfaat

Bagi Anda yang suka melakukan pengobatan atau menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang alami, bisa memilih jenis tanaman berikut yang memiliki kandungan bagus sebagai pengganti obat-obatan kimia. Selain cenderung lebih murah, efek samping dari obat-obatan tradisional tanaman juga lebih sedikit.

Kita juga bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah sebagai apotek hidup. Banyak juga orang yang sudah membuktikan sendiri khasiat dari tanaman obat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit serta menjaga kesehatan tubuh kita.

Bagi Anda yang butuh referensi tanaman apa saja yang bisa dijadikan sebagai tanaman obat atau apotek hidup, berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenisnya untuk Anda :

  1. Bagi sebagian besar dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman yang satu ini. Temulawak merupakan tanaman asli dan khas Indonesia yang dapat kita temukan dengan mudah disini. Temulawak sudah dipercaya dari dulu untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Diantaranya seperti untuk mengobati penyakit jantung, penyakit ginjal, melancarkan pencernaan, dan juga untuk menjaga kesehatan hati. Bagian dari tumbuhan temulawak yang dijadikan obat adalah bagian akarnya atau yang lebih sering disebut dengan rimpang.
  2. Daun cincau. Anda mungkin lebih sering mengenal daun cincau ini untuk dijadikan olahan es. Namun sebenarnya daun cincau ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Baik itu cincau hitam maupun cincau hijau. Keduanya dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit typus, radang lambung, sampai penyakit demam dan penyakit diabetes militus. Jadi bagi Anda yang mengalami gangguan atau penyakit seperti diatas, Anda bisa memilih daun cincau sebagai solusinya.

Related posts: