Menjaga Berat Badan Ideal Ibu Hamil Mencegah Hipertensi

berat badan ideal ibu hamilPada saat hamil. Ibu hamil akan mudah stres sehingga sulit mendapatkan berat badan ideal ibu hamil, Namun Anda jangan khawatir karena pasti ada jalan lain yang dapat dilakukan supaya berat badan ideal sehingga kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga. Nah, bahaya saat hamil dengan berat badan obesitas adalah dapat beresiko hipertensi. Apalagi saat hamil penyakit hipertensi ini dapat terjadi sewaktu-waktu. Biasanya ibu hamil yang sebentar lagi akan masuk ke usia siap persalinan akan terjadi hipertensi. Dimana hipertensi adalah penyakit yang sangat membahayakan apalagi pada ibu hamil. Apabila mendekati kelahiran dan terjadi hipertensi maka akan mengancam nyawa ibu dan bayinya.

Mendapatkan Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Salah satu alasan mengapa Anda dituntut untuk memiliki berat badan ideal ibu hamil adalah supaya terhindar dari hipertensi. Banyak sekali ibu hamil yang mengalami hipertensi sebelum persalinan sehingga akan menghambat proses persalinan yang akan berlangsung. Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi maka Anda harus memperhatikan kesehatan dan berat badan yang ideal. Dimana hipertensi terjadi juga akibat obesitas sehingga tekanan darah akan meningkat. Nah, untuk mencegahnya Anda perlu melakukan beberapa tips berikut ini. Tips pertama, menghindari merokok dan juga alkohol. Ibu hamil tidak disarankan untuk merokok dan juga mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Selain berbahaya bagi bayi namun dapat memicu hipertensi.

Tips kedua, menghindari stres karena dapat mengakibatkan hipertensi. Untuk mengantisipasinya sebaiknya Anda melakukan yoga secara rutin supaya pikiran tenang. Tips ketiga, lakukan olah raga secara teratur supaya badan segar dan berat badan ideal. Tips keempat, mencukupi kebutuhan tidur pada ibu hamil supaya tidak mengalami peningkatan tekanan darah tinggi akibat kurang tidur. Tips kelima, hindari makanan siap saji karena tidak sehat dan dapat memicu hipertensi. Tips terakhir adalah mempersiapkan mental sebelum persalinan. Terkadang bagi ibu hamil yang baru akan mengalami persalinan pertama kalinya akan merasa tegang. Hal inilah yang akan memicu tekanan darah tinggi meningkat akibat terlalu stres. Demikian tips mendapatkan berat badan ideal ibu hamil untuk mencegah hipertensi.

Related posts: