Mengenal Situs Legal Sebelum Download Lagu

stafabandBerdasarkan hasil riset pada mesin pencarian Google, ternyata pengguna internet yang searching dengan menggunakan kata kunci download lagu gratis diketahui mencapai 6.450.000 pencarian. Dengan kata lain mengunduh lagu dari situs-situs layanan berbagi sudah menjadi kebiasaan warga masyarakat demi mendapatkan koleksi lagu-lagu kegemaran mereka tanpa melihat terlebih dahulu apakah situs yang disinggahi legal ataukah ilegal. Padahal tanpa disadari para pengunduh ini telah secara tidak langsung telah melanggar hak cipta dari musisi tanah air kebanggaan mereka sendiri. Hal ini bisa terjadi karena minimnya pemahaman tentang hukum hak cipta dikalangan masyarakat Indonesia dari website ilegal, serta minimnya pengawasan dari pemerintah terhadap website-website ilegal ini.

Download Lagu Melalui Situs Legal Berlisensi

Sebagai warga masyarakat yang baik dan taat hukum, dengan download lagu melalui situs berbagi legal sangatlah disarankan. Jangan membiarkan para pembuat situs legal terus bermunculan dan membuat mereka meraup keuntungan dari kerugian yang ditanggung para musisi tanah air. Karena dengan semakin banyaknya para pencari lagu yang ingin mengunduh lagu secara gratis dan ilegal, maka akan semakin banyaklah website-website ilegal yang bermunculan. Kunjungan yang tinggi dari para pengguna internet ke website-website ilegal ini akan meninggikan rating mereka di mesin pencari Google, sehingga membuat pemilik website tersebut mendapatkan penawaran penayangan iklan online secara ilegal pula.

Kembali kepada kebijakan warga masyarakat sebagai pengguna internet secara global, bahwa ketika bermaksud ingin download lagu kesukaan hendaknya melalui website resmi yang telah dilegalkan oleh pemerintah. Lalu bagaimana mengenali situs legal? Situs legal adalah situs yang telah memiliki lisensi atas penayangannya dari badan organisasi yang telah disahkan oleh pemerintah. Terdapat empat komposisi lisensi yang disebut Creative Commons (CC) dari Organisasi Non Profit yang memberikan kebebasan artis atau musisi memberikan ijin kepada siapa pun untuk menggunakan musik mereka yang telah dilindungi hak cipta sesuai dengan ketentuan dari pemberi ijin. Keempat lisensi yang dapat dikombinasikan tersebut antara lain CC Non Derivatives, CC Non Commercial, CC Attribution, dan CC Share A Like.

Related posts: