Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

tips kesehatanDi bulan Ramadhan ini, para umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 14 jam. Tentu bukanlah hal yang mudah, mengingat aktivitas sehari-hari dilakukan seperti biasanya belum lagi ditambah dengan aktivitas keagamaan. Tidak memperhatikan asupan makanan saat sahur membuat tubuh mudah dehidrasi karena kekurangan cairan salah satunya kulit bibir. Akibatnya kulit bibir menjadi kering dan pecah-pecah bahkan berdarah. Tak hanya rasa sakit, bibir kering membuat penampilan kurang enak dilihat. Banyak minum air putih saja masih belum maksimal untuk mencegah dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Untuk itu demi menjaga kelembaban kulit bibir maka cara terbaik untuk mengatasi kulit bibir dan pecah-pecah adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan dan menghindari beberapa perilaku yang menyebabkan bibir kering.

Mengatasi Bibir Kering Dengan Mudah Saat Puasa

Cara pertama untuk mencegah bibir kering adalah tentu dengan banyak mengonsumsi air putih pada saat sahur dan berbuka puasa. Kedua, exfoliate bibir dengan menyingkirkan kulit mati. Baiknya dilakukan seminggu sekali dengan cara oleskan petroleum jelly setelah itu gosok perlahan menggunakan sikat gigi berbulu halus. Selanjutnya, gunakan pelembab bibir seperti lip balm untuk menjaga kelembaban bibir. Bukan tidak mungkin bibir akan menjadi kering meskipun banyak mengonsumsi air putih. Berikutnya adalah penuhi asupan sayur dan buah karena di dalamnya terkandung banyak vitamin dan juga antioksidan serta asam lemak esensial yang berguna untuk membuat kulit tetap lembab dan mencegah kekeringan.

Setelah mengetahu hal-hal yang harus dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa. Berikut adalah perilaku atau kebiasaan yang wajib dihindari yaitu adalah hindari menjilat bibir. Tanpa disadari kebiasaan ini sering dilakukan. Kedua hindari makan-makanan pedas dan asin. Pasalnya sifat garam bersifat higroskopis yaitu mudah menyerap air. Selanjutnya hindari minum-minuman dengan kandungan kafein seperti kopi dan teh karena dapat membuat kulit bibir dehidrasi sehingga menimbulkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Itulah beberapa cara dan beberapa perilaku yang harus dihindari untuk mengatasi bibir kering pada saat menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba.

Related posts: