Mencari Penghasilan Tambahan Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Cepat sekali rasanya sudah tiba lagi di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan bagi umat Islam merupakan bulan yang sangat istimewa. Akan ada banyak perubahan dan suasana baru yang sering dinantikan umat muslim. Tidak afdol rasanya jika melewati bulan Ramadhan tanpa semangkuk kolak. Ya, kolak merupakan salah satu menu wajib ketika berbuka puasa. Selain itu, menu-menu makanan ringan lain juga kerap dihidangkan ketika berbuka puasa.

Selain menjalan ibadah puasa, bulan Ramadhan bisa kita manfaatkan sebagai ajang berbisnis. Anda bisa membuka bisnis toko busana muslim maupun bisnis kerudung. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki banyak modal besar, jualan takjil bisa Anda manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. Anda hanya membutuhkan modal sekitar 300 ribu hingga satu juta untuk berjualan takjil.

Tips Jualan Takjil Di Bulan Ramadhan

Untuk membuka usaha jualan takjil selama bulan Ramadhan, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meraih keuntungan yaitu:

  1. Tentukan tempat jualan

Anda harus melakukan survei jauh-jauh hari untuk menentukan tempat berjualan. Karena tempat sangat mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha. Pilihlah tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Anda bisa berjualan takjil di pinggir jalan dimana orang sering jalan-jalan sore.

  1. Tentukan metode penjualan

Metode jualan takjil ada dua jenis yaitu jualan buatan sendiri atau titipan orang. Jika jualan titipan orang, mungkin lebih praktis namun rasanya belum tentu bisa dijamin. Namun, jika Anda membuatnya sendiri, dari segi rasa mungkin dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Ajak teman untuk membuat suasana lebih rame

Ajaklah teman-teman Anda untuk membuat suasana lebih seru dan menarik perhatian pelanggan.

  1. Perhatikan waktu jualan

Mengingat waktu jualan takjil yang terbatas, Anda harus berjualan tepat waktu alias tidak terlalu sore. Karena jika terlalu sore, Anda mungkin kehabisan pelanggan.

  1. Antisipasi makanan basi

Takjil merupakan makanan yang tidak tahan lama. Untuk itu Anda harus memiliki cara untuk mengatasi hal tersebut seperti menyimpan pada wadah tertutup.

Related posts: