Memulai Usaha Budidaya Ikan Guppy

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas mengenai budidaya ikan hias guppy secara lebih mendetail. Setelah sebelumnya telah dibahas sedikit tentang ikan guppy, dalam artikel ini akan dijelaskan secara lebih lanjut bagaimana cara membudidayakan ikan hias guppy tersebut. Adapun ikan guppy sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup digemari oleh masyarakat khususnya pencinta akuarium air tawar dan ikan hias. Ikan ini banyak disukai karena memiliki warna tubuh yang indah serta corak yang unik. Peluang untuk membuka usaha budidaya ikan hias jenis ini pun cukup terbuka lebar pasalnya permintaan terhadap ikan hias guppy ini cukup tinggi.

Cara Membudidayakan Ikan Hias Guppy

Ketika kita hendak memulai usaha budidaya ikan, hal yang paling penting untuk kita lakukan terlebih dahulu adalah mempersiapkan segala kebutuhan mengenai kegiatan budidaya tersebut. Untuk memulai budidaya ikan hias guppy ini, kita tidak memerlukan alat-alat khusus, dan juga tempat yang terlalu luas. Budidaya ikan ini memang terbilang cukup mudah.

Tempat yang kita butuhkan untuk mengembangbiakkan ikan ini sangat sederhana, yaitu sebuah bak, kolam, atau akuarium. Ukurannya pun tidak perlu terlalu besar. Untuk sebuah kolam semen, misalnya, kita hanya membutuhkan kolam dengan ukuran setidaknya 100 x 50 cm dengan ke dalam kurang lebih 70 cm. Sebaiknya kita menyediakan 5 tempat untuk membudidayakan ikan guppy ini. 5 tempat terpisah ini diantaranya digunakan untuk pemisahan indukan, pemijahan, penetasan, serta pendederan anakan ikan guppy.

Sementara itu, peralatan yang dibutuhkan hanyalah pompa air beserta filter untuk menjaga sirkulasi air tetap baik, dan juga kita membutuhkan aerator sebagai pemasok oksigen ke dalam air kolam. Peralatan-peralatan tersebut merupakan peralatan dasar untuk keperluan ikan hias yang bisa dengan mudah didapatkan dari toko akuarium di daerah tempat tinggal kita. Sebagai tambahan, kita juga akan membutuhkan tanaman-tanaman air, seperti eceng gondok, selada air, ataupun jenis tanaman air lainnya. Tanaman-tanaman ini berguna sebagai tempat ikan berlindung, serta untuk menciptakan suasana yang menyerupai habitat asli ikan sehingga ikan bisa hidup dan berkembang biak dengan nyaman serta aman.

Related posts: