Memilih Paving Block yang Berkualitas

Sekarang ini, Anda dapat dengan mudah menemukan penjual paving block. Paving block memang sedang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik di jalan, rumah, taman, dan beberapa tempat umum lainnya. Harga paving block sangat beraneka ragam. Yang membedakan satu dengan lainnya adalah kualitas dari paving block. Paving block yang digunakan untuk jalan, halaman parkir, jalan untuk pejalan kaki, dan taman. Anda dapat menemukan paving block yang dibuat dengan cara manual. Tentu kualitas dari paving block manual dan paving block yang dibuat dengan alat akan berbeda.

Kiat-Kiat Memilih Paving Block

Harga paving block manual tentu akan lebih murah sehingga akan banyak orang yang tergoda untuk membeli paving block tersebut. Sayangnya, paving block dengan kualitas yang rendah akan memiliki beberapa kelemahan seperti mudah rusak, mudah pecah jika dipukul sehingga sulit dipasang, mudah ditumbuhi lumut, serta tidak tahan terhadap beban berat. Ada beberapa kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk melihat bagaimana kualitas dari paving block:

  • Uji ketahanan

Untuk melihat bagaimana kualitas dari paving block, maka Anda dapat melakukan uji ketahanan dengan cara melempar atau menjatuhkan paving block, membenturkan 2 buah paving block. Ini berfungsi apakah paving block pecah ketika dilempar, dijatuhkan atau dibenturkan satu sama lain.

  • Memperhatikan kepadatan atau kerapatan paving block

Paving block yang berkualitas memiliki kepadatan yang tinggi. Semakin tinggi kepadatan maka pori-porinya semakin kecil. Pori-pori paving block yang besar dapat menyebabkan paving block mudah ditumbuhi lumut sehingga akan mudah rusak. Perbedaan kepadatan paving block dibedakan karena proses pembuatannya seperti proses manual, proses dengan mesin press, dan mesin press hidrolik.

  • Uji tekan beton

Beton yang berkualitas akan memiliki kemampuan uji tekan sampai dengan K300. Sedangkan untuk kualitas yang rendah berada di bawah K100.

Demikian beberapa kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk memilih paving block sehingga Anda tidak tertipu dengan harga paving block yang murah. Sekian, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Related posts: