Memilih Broker Saham Terbaik Bagi Pemula

broker forex terbaikAnda berniat untuk membeli saham? Sudah tahu kriteria apa saja yang perlu diperhatikan? Di sini kami akan membahas tips dan trik agar dapat memilih broker saham terbaik dengan tepat. Keamanan merupakan salah satu kendala yang mempersulit untuk memilih broker saham. Sempat terjadinya kasus penyalahgunaan rekening milik nasabah menjadi sebab pertimbangan keamanan. Namun, jangan khawatir dulu, sekarang memilih broker yang aman lebih mudah. Pemberlakuan peraturan oleh pemerintah membuat investor yang akan menginvestasi saham menjadi lebih aman dan mudah. Sekarang semua dana nasabah disimpan di RDI (Rekening Dana Investor). Jadi, tunggu apalagi? Yuk kita simak tips dan trik memilih broker terbaik!

Memilih Dengan Benar Broker Saham Terbaik Bagi Pemula

Untuk mengawali apa yang sudah Anda rencanakan dan persiapkan maka ada baiknya juga  bila Anda masih baru, Anda memahami dan mengenal terlebih dahulu broker saham yang akan Anda pilih dengan memperhatikan beberapa hal. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih broker saham terbaik:

  1. Broker tercatat dalam bursa efek

Broker Anda merupakan wakil dari perusahaan Anda, oleh sebab itu Anda perlu memeriksa apakah broker Anda memiliki sertifikat WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek.

  1. Jumlah setoran awal

Jumlah setoran awal yang investor berikan untuk menginvestasikan sahamnya sangat bervariasi, mulai dari 100 ribu hingga 10 juta rupiah. Variasi jumlah setoran awal dikarenakan adanya calon investor dari kalangan mahasiswa dan ada pula dari kalangan pengusaha. Sebisa mungkin untuk kenyamanan Anda, carilah broker yang didampingi oleh fasilitas deposit dan penarikan dana yang cepat dan mudah.

  1. Komisi transaksi broker

Komisi transaksi broker yakni biaya yang harus dikeluarkan oleh investor setiap kali melakukan transaksi jual beli. Sebagian besar komisi jual lebih besar 0,1% jika dibandingkan dengan komisi beli.

  1. Informasi dan rekomendasi saham

Jika Anda tidak sempat atau tidak bisa melakukan analisis sendiri, Anda dapat menggunakan informasi dan rekomendasi yang diberikan oleh broker.

  1. Fasilitas transaksi

Pada umumnya, transaksi saham dilakukan di kantor broker. Nasabah memesan melalui telepon. Tetapi, jika Anda butuh keleluasaan untuk melakukan transaksi, Anda bisa melakukannya melalui online trading, baik via komputer dan smartphone.

  1. Rekening dana investor

Anda akan dikenakan biaya tambahan saat melakukan penambahan dana atau penarikan dana jika rekening tabungan yang Anda punyai tidak sama dengan RDI.

  1. Adanya fasilitas margin

Pengoptimalan strategi trading Anda dapat dilakukan dengan fasilitas margin.

Semoga tips memilih broker saham terbaik dapat menjadi panduan bagi Anda untuk memulai apa yang sudah Anda rencanakan dalam menjalani bisnis saham nantinya.

Related posts: