Melawan Anemia dengan Konsumsi Makanan

Penyakit anemia adalah penyakit yang terjadi karena hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh yang kurang. Untuk meningkatkan kadar sel darah merah ini, Anda bisa mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Jadi, bagi Anda yang alergi terhadap vitamin penambah darah, maka cara ini bisa menjadi alternatif bagi Anda.

Makanan untuk Mencegah Anemia

  1. Kurma

Kurma memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Selain itu, ia juga mengandung vitamin C dan B kompleks serta antioksidan. Zat-zat ini dibutuhkan oleh tubuh dalam proses penambahan darah Anda bisa mengonsumsi kurma secara teratur agar kondisi sel darah merah dalam tubuh Anda terjaga dengan baik.

  1. Apel

Apel banyak mengandung vitamin dan mineral. Memakan apel secara teratur akan membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Sehingga, penyakit anemia pun dapat dihindari. Apel juga mengenyangkan, buah ini juga bagus untuk Anda yang sedang diet.

  1. Pisang

Buah yang kaya akan zat besi selanjutnya adalah pisang. Buah pisang ini menjadi buah yang sangat mudah ditemukan. Pisang mengandung zat besi, kalium, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Memakan pisang secara rutin dapat menyembuhkan anemia dan baik pula untuk kesehatan tubuh organ lainnya.

  1. Madu

Madu memang memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Madu dapat dinikmati secara langsung maupun menjadi campuran jus.  Madu mengandung zat besi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kadar sel darah merah. Madu efektif untuk mengobati anemia.

  1. Jeroan

Jeroan seperti hati banyak mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk menambah sel darah merah. Hati kaya akan vitamin B12, Zinc dan Fosfor. Kandungan zat yang ada dalam hati ini menjadikan hati sering dibuat makanan obat untuk menyembuhkan anemia.

Itulah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi secara teratur untuk mengurangi resiko kurang sel darah merah yang menyebabkan penyakit anemia dalam tubuh. Mengonsumsi makanan ini, lebih baik dari pada mengonsumsi kapsul obat penambah darah.

Related posts: