Mau Mata Sehat? Gampang Kok!

Mata sebagai salah satu anggota tubuh terpenting yang dimiliki oleh manusia. Mata atau yang biasa disebut sebagai panca indera memang sangat kita butuhkan. Tanpa mata kita akan kesusahan untuk melakukan segala aktivitas. Kita memang benar-benar membutuhkan mata untuk dapat menjalani hari-hari kita. Segala keindahan yang diberikan oleh Sang Pencipta pun dapat kita nikmati dengan mudah menggunakan mata kita. Maka dari itu, kita tidak boleh menganggap remeh menjaga kesehatan mata kita karena mata sama saja segalanya bagi kita.

Hal-Hal Yang Harus Dihindari

Sebenarnya banyak hal-hal yang harus kita hindari guna menjaga mata kita sehat. Tapi ada beberapa hal yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang bahkan mereka pasti sudah pernah mendengar tetapi mereka kurang mengindahkan hal-hal tersebut. Padahal, jika dibiarkan terus menerus hal tersebut maka mata akan menjadi sangat rusak hingga mengalami kebutaan total. Adapun hal-hal yang harus dihindari diantaranya adalah:

  • Membaca sambil tiduran

Yup! Membaca sambil tiduran dapat membuat mata seseorang menjadi minus. Jika sudah minus maka mau tidak mau kita memerlukan alat bantu seperti kacamata untuk membantu kita melihat.

  • Nonton TV dengan dekat

Sama dengan membaca buku atau majalah sambil tiduran juga dapat membuat mata kita menjadi minus karena radiasi cahaya yang ditampilkan oleh TV. Dan lagi-lagi kita perlu kacamata untuk melihat dengan normal kembali.

  • Bermain HP dan laptop

Bermain Hp dan laptop sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan dengan jarak yang cukup dan kondisi yang benar. Jika Anda bermain Hp atau laptop ketika lampu dimatikan, maka cahaya dari Hp atau laptop juga radiasinya dapat merusak kerja mata kita menjadi minus. Hal inilah yang membuat kita juga harus menggunakan kacamata agar kita dapat melihat dengan baik.

  • Membaca di kendaraan yang berjalan

Tanpa kita sadari, banyak yang sering membaca buku, Hp, ataupun laptop ketika sedang di mobil, motor, bus dan lain-lain. Ternyata hal ini tidak baik untuk kesehatan mata kita. Secara tidak langsung kita memaksa mata untuk berusaha fokus yang berarti kita memaksakan kinerja mata kita berkali-kali lipat daripada biasanya.

Related posts: