Masa Rawan Pada Ibu Hamil

Bagi para ibu muda yang sedang mengalami kehamilan trimester pertama, ini hanyalah sekedar informasi untuk bunda sekalian agar bunda bisa melewati trimester pertama dengan sehat dan lancar. Bunda, tahukah Anda bahwa usia kandungan pada trimester pertama merupakan kehamilan yang rawan dan butuh penjagaan extra?

Perawatan Untuk Ibu dan Janin

Pada kehamilan trimester pertama, sebuah keluarga harus ikut membantu ibu hamil agar bisa menjaga janin supaya senantiasa selamat dan sehat. Peran seorang suami siaga juga harus dimulai saat trimester pertama ini bunda. Kerja sama yang baik antara ayah dan bunda adalah menjadi kunci sukses utama melewati trimester pertama kehamilan ini.

Keluhan yang Sering Dialami

Keluhan yang sering dialami, biasanya oleh ibu hamil di trimester pertama adalah pendarahan. Pendarahan bisa terjadi meskipun berskala kecil, tetapi bunda tetap harus berhati – hati karena itu pertanda bahwa janin Anda bermasalah. Jadi segeralah periksakan kandungan Anda ke dokter atau bidan terdekat.

Yang kedua, ibu hamil biasanya mengalami mual dan muntah berlebih. Kejadian seperti ini wajar sebenarnya terjadi, karena ini merupakan gejala yang disebabkan oleh hormon. Tetapi jika bunda mengalami gejala berlebih, bunda harus tetap mengonsultasikannya dengan dokter. Karena gejala seperti ini juga bisa mengganggu nutrisi yang dibutuhkan janin.

Ketiga, jika bunda sering mengalami demam tinggi, bunda harus sesegera mungkin konsultasi ke dokter. Karena yang ditakutkan adalah janin Anda mengalami infeksi karena saat demam tubuh bunda mengalami penurunan daya tahan tubuh. Berikut adalah 3 hal yang paling sering dialami pada kehamilan trimester pertama, sebenarnya masih banyak lagi gejala yang bisa dan mungkin bunda alami saat mengandung.

Jangan lupa untuk sering berkonsultasi dengan dokter atau bidan kepercayaan bunda, karena komunikasi antara dokter, bunda sendiri, dan suami sangatlah penting demi menjaga si buah hati dalam kandungan Anda. Makanlah juga makanan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin untuk membantu agar janin kuat dan tubuh bunda juga menjadi sehat.

Related posts: