Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Anda

tips kesehatanRebung memang memiliki rasa yang enak bagi yang suka namun ada banyak masyarakat yang tidak suka dengan jenis makanan satu ini. Rebung adalah jenis makanan yang berasal dari akar bambu yang menyembul yang merupakan bakal pohon bambu. Meskipun memiliki aroma yang kurang sedap namun rasanya cukup lezat selain itu juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. karenanya sejak ribuan tahun yang lalu tebung sudah menjadi makanan sehari-hari jaman dinasti Ming di negeri China sana. Bahkan di negara sakura Jepang rebung diberi istilah raja sayuran dari hutan. Di Indonesia rebung juga sering dimanfaatkan sebagai sayuran, lumpia juga terdapat tepung yang berasal dari rebung.

Khasiat Rebung Untuk Tubuh Anda

Rebung mengandung berbagai nutrisi seperti protein yang kaya, asam amino, gula, lemak dan garam anorganik. Selain itu rebung juga mengandung protein yang banyak namun rendah lemak, rendah kalori dan juga rendah gula. Serat yang dikandung juga banyak dan mengandung selulosa yang bermanfaat untuk merangsang nafsu makan. Rebung juga mengandung berbagai vitamin mulai dari vitamin A, B6, E, riboflavin dan masih banyak lagi. Dengan kandungan yang banyak seperti itu membuat rebung sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Seperti membantu menurunkan kolesterol dan menjaganya agar tetap stabil, menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko penyakit kanker.

Dengan kandungan serat tinggi maka rebung sangat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh juga dapat menyehatkan usus. Rebung juga sebagai anti inflamasi sehingga mampu meredakan dan menyembuhkan radang pada kulit dan juga radang akibat bisul. Di India rebung digunakan untuk menghilangkan racun akibat gigitan ular berbisa juga sengatan hewan kalajengking. Bahkan diketahui bahwa mengonsumsi rebung dapat membatu ibu hamil yang kesulitan saat akan melahirkan karena mampu menyebabkan kontraksi pada rahim. Rebung juga dapat membersihkan luka agar tidak menimbulkan radang dan infeksi. Dengan kandungan kaliumnya membuat rebung dapat menurunkan tekanan darah sehingga cukup baik untuk penderita hipertensi. Rebung dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan kalori dan gulanya rendah.

Related posts: