Manfaat Jus Bayam Madu Saat Menstruasi

tips kesehatanMenstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh setiap perempuan normal. Sebagian perempuan pada saat menstruasi akan merasakan nyeri atau kram perut (dismenore) pada saat akan atau menjelang menstruasi. Kram perut pada saat menstruasi ini dirasakan pada perut bagian bawah. Kondisi ini terjadi karena selama menstruasi rahim berkontraksi untuk meluruhkan sel telur yang menempel di dinding rahim (endometrium). Luruhnya lapisan dinding rahim yang berbarengan dengan darah ini disebut dengan menstruasi. Pada sebagian wanita, level rasa sakit yang dirasakan biasanya berbeda-beda, bahkan ada yang tidak mengalami rasa nyeri sekalipun. Meski terasa nyeri, hal ini masih bisa dikatakan normal. Meski begitu, rasa nyeri yang ditimbulkan tentu menghambat aktivitas sehari-hari. Untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut, sebaiknya simak tips berikut ini.

Jus Bayam Madu Yang Kaya Manfaat

Ketika siklus haid dirasa mulai tiba dan perut bagian bawah Anda terasa nyeri. Sebaiknya ditangani dengan mengonsumsi jus bayam madu. Anda hanya membutuhkan seikat bayam dan satu sendok madu. Cara membuatnya, pertama-tama bersihkan bayam terlebih dahulu, potong akarnya. Kemudian masukan ke dalam juicer dan tambahkan setengah gelas air matang juga satu sendok madu. Minum 2 kali sehari setelah makan ketika perut nyeri dan selama menstruasi. Maka rasa nyeri tersebut akan hilang. Dan selama mengonsumsi minuman ini, Anda diharuskan untuk menjauhi segala macam makanan berminyak dan pedas karena dapat meningkatkan rasa nyeri saat haid. Dan usahakan untuk berolahraga karena dapat meredakan gangguan nyeri haid.

Kandungan bayam yang kaya akan zat besi, antioksidan dan bermacam jenis vitamin. Membantu untuk mengatur ketidakseimbangan hormon yang merupakan pelaku utama nyeri kram saat menstruasi karena terjadi peradangan rahim. Namun apabila intensitas nyeri haid semakin hebat dan durasi nyeri semakin panjang. Sebaiknya periksakan diri ke dokter karena dikhawatirkan adanya kelainan pada organ reproduksi atau bahkan kelainan pada bagian dalam organ reproduksi. Selain membantu untuk menghilangkan nyeri haid, jus bayam madu juga berkhasiat untuk mengurasi kolesterol, anti diabetes, memperbaiki sistem pencernaan, menurunkan risiko terserang kanker, obat anemia dan masih banyak lagi.

Related posts: