Manfaat Feasibility Study Rumah Sakit

studi kelayakan rumah sakitSemua yang ada di dunia ini pasti memiliki manfaat, tidak ada yang sia-sia. Seperti halnya feasibility study rumah sakit yang keberadaannya di rumah sakit memiliki peran serta manfaat yang sangat penting dan kompleks, setiap rumah sakit pasti memerlukan study kelayakan karena hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan rumah sakit di masa yang akan datang serta sebagai acuan untuk dapat mengibaskan sayapnya sehingga menjadi rumah sakit yang memiliki kualitas yang baik.

Peran Penting Feasibility Study Rumah Sakit

Feasibility study rumah sakit atau biasa yang kita kenal uji kelayakan rumah sakit memiliki peran yang sangat penting dalam proses sebelum melakukan pembangunan rumah sakit, hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum pembangunan akan di kaji dan kemudian dicarikan jalan keluar atau solusi untuk dapat mengatasi permasalahan yang akan terjadi di masa mendatang. Adanya uji kelayakan ini juga nantinya bisa memprediksi beberapa hal yang berkaitan dengan kelayakan atau standarisasi rumah sakit. Selain itu, uji kelayakan ini juga mampu menganalisa dan memprediksi produk yang ditawarkan dari rumah sakit apakah sudah sesuai dengan standar rumah sakit serta bisa melihat kondisi internal rumah sakit yang kemudian akan dikaitkan dengan kebutuhan masyarakat sehingga nantinya dapat dijadikan jaminan bagi rumah sakit untuk tetap maju dan berkembang.

Selain mampu menganalisa dan memprediksi produk-produk dan pemasaran rumah sakit yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, feasibility study rumah sakit juga memiliki peran penting dalam memprediksi kapasitas dari rumah sakit, baik dari kapasitas pelayanan, peralatan medis, kapasitas fisik serta sumber daya manusianya itu sendiri, semuanya dikaji dengan menggunakan uji kelayakan. Dengan adanya uji kelayakan pun bagian rumah sakit nantinya dapat melakukan estimasi terhadap besarnya investasi, skim pendanaan, keuangan analisis keuangan yang nantinya akan dikaji secara dalam dan dapat dituangkannya dengan permodelan keuangan. Peran penting dan berbagai macam manfaat yang didapatkan dari uji kelayakan ini mengharuskan setiap rumah sakit memiliki uji kelayakan sendiri yang nantinya bisa mengkaji berbagai hal yang berkaitan dengan masa depan rumah sakit itu sendiri.

Related posts: