Langkah Mudah Mengurus Izin Usaha

Banyak orang atau pemilik perusahaan yang masih berpikir bahwa untuk menerbitkan Surat Izin Usaha Dagang atau SIUP itu prosesnya ribet dan berbelit-belit. Namun ternyata anggapan tersebut adalah salah besar. Sekarang ini kita bisa dengan mudah dalam mengajukan SIUP atas usaha perdagangan yang kita jalankan.

Pentingnya SIUP untuk Usaha Perdagangan

Memiliki SIUP atas usaha perdagangan yang kita miliki adalah suatu keuntungan non materiil untuk usaha tersebut. Dengan memiliki SIUP, maka usaha yang kita jalankan tersebut memiliki kekuatan hukum. Jadi, jika di kemudian hari terjadi suatu sengketa atau permasalahan hukum, usaha perdagangan yang kita miliki ini memiliki kedudukan yang jelas sehingga proses hukum bisa berjalan lancar.

Berkas Administratif yang Perlu Dipersiapkan sebelum Mengajukan Permohonan Penerbitan SIUP

Untuk mengajukan permohonan penerbitan SIUP ini kita perlu melengkapi persyaratan administratif berupa berkas-berkas penting terkait perusahaan itu sendiri. Memang, berkas yang disyaratkan cukup banyak dan juga bervariasi, tergantung dari bentuk perusahaan itu sendiri.

Di antara banyaknya bentuk perusahaan di Indonesia, yang memiliki persyaratan administrasi paling sedikit dalam menerbitkan SIUP adalah perusahaan perseorangan. Berkas yang perlu dilengkapi untuk mengajukan surat izin usaha ini terdiri dari fotokopi KTP pemilik perusahaan, NPWP, Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), pas foto penanggung jawab atau pemilik perusahaan sebanyak 2 lembar dan berukuran 4 x 6, dan yang terakhir adalah neraca perusahaan.

Semua persyaratan administrasi tersebut di atas juga harus dilengkapi oleh orang yang mengajukan SIUP atas perusahaan berbentuk lainnya, misalkan PT atau koperasi. Namun, untuk PT misalnya, mereka perlu menambahkan beberapa berkas administrasi lainnya yang disyaratkan dalam penerbitan SIUP untuk PT.

Di Manakah Tempat Mengurus SIUP?

Setelah melengkapi semua berkas administrasi yang disyaratkan, maka kita perlu mendatangi kantor Dinas Perdagangan di kota tempat kita menjalankan usaha. Kita perlu mengisi formulir di sana untuk melengkapi berkas administrasi yang telah kita persiapkan sebelumnya untuk menerbitkan surat izin usaha tersebut.

Selain itu, kita juga perlu menyiapkan biaya penerbitan SIUP. Besaran biaya tergantung pada skala perusahaan dan tempat domisili usaha tersebut.

Related posts: