Klasifikasi Orang Kafir Menurut Kitab Safinatun Najah

Artikel Islam kali ini akan membahas tentang klasifikasi yang ada untuk macam orang kafir. Orang kafir adalah orang yang ingkar terhadap Tuhannya. Bahwa dia tak mau mengakui adanya Allah sebagai pencipta manusia dan alam semesta. Begitu pun juga dengan perbuatannya pun mencerminkan kekufurannya pada Tuhan mereka.

Dalam agama Islam orang kafir sudah jelas tak akan mendapatkan surga sebagai balasannya. Sekalipun mereka selalu berbuat kebaikan namun ketika dalam hati mereka tak ada kepercayaan atau keimanan sedikit pun terhadap Allah SWT maka mereka digolongkan orang kafir bukan orang yang beriman.

Klasifikasi Orang Kafir Dalam Kitab Safinatun Najah Terbagi Menjadi 4

Adapun dalam satu kitab yang dipelajari dalam Islam menelaah tentang pembagian klasifikasi orang kafir ke dalam 4 macam. Dan dalam artikel Islam kali ini Kita akan mengulasnya hanya untuk Anda. Dengan adanya artikel ini semoga Kita bisa mempelajari Islam dengan lebih baik dan menjalankan perintah agama dengan sebaik-baiknya.

Macam kafir yang pertama adalah kafir ingkar. Ini adalah jenis kafir yang mana pelakunya sama sekali tak mengenal adanya Tuhan serta tak percaya adanya Tuhan. Tentunya hal ini berkaitan erat dengan ada atau tidaknya penyampai risalah di lingkungan mereka. Dalam artian jika masih ada orang seperti itu di jaman sekarang maka minim informasi tak bisa menjadi alasan penyebab terjadinya hal tersebut.

Kemudian jenis kafir yang kedua adalah kafir juhud. Ini adalah jenis kafir yang mana pelakunya mengenal adanya Tuhan di dalam hatinya. Namun sayangnya hal itu tak dibarengi dengan pengakuan secara lisan tentang pengakuan tersebut. Hal ini diibaratkan dengan karirnya para iblis dan orang-orang Yahudi.

Jenis kafir yang ketiga adalah kafir Nifaq. Ini adalah jenis kafir yang merupakan kebalikan dari jenis kafir juhud. Karena mereka mengikrarkan pengakuan adanya Tuhan dengan lisan mereka namun mereka tak mau mengakuinya di dalam hati mereka. Kebanyakan orang menyebut orang seperti ini dengan sebutan orang munafik.

Untuk jenis kafir yang keempat adalah orang kafir ‘inad. Adalah jenis kafir yang mengakui adanya Tuhan di dalam hati mereka, mengikrarkan dengan lisan mereka namun tidak mau menaati perintah Tuhan sebagaimana yang termaktub di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Itulah sekilas artikel Islam tentang macam-macam orang kafir yang bisa Anda nikmati di Hijaz.id.

Related posts: