Jenis Senam Irama Yang Mudah Untuk Dipraktekan

Senam adalah salah satu cabang olahraga atletik yang tidak hanya dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat, tetapi juga dapat membentuk tubuh Anda menjadi indah. Hal ini dikarenakan gerakan-gerakan yang ada pada senam sangat memperhatikan proporsi tubuh. Anda dapat mengetahui tentang berbagai gerakan senam dari situs berita pendidikan. Salah satu jenis senam adalah senam irama. Senam irama juga dibagi menjadi beberapa jenis.

Senam Pembentukan

Jenis senam irama yang pertama adalah senam pembentukan. Senam pembentukan ini memiliki tujuan untuk dapat membentuk tubuh dengan sempurna. Seperti apakah bentuk tubuh yang sempurna? Tentunya bentuk tubuh yang tidak membungkuk dan mampu beraktivitas dengan sebaik-baiknya. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bentuk tubuh yang kurang sempurna seperti bawaan lahir, kebiasaan yang salah dalam duduk atau berdiri, lemah otot, ataupun kurang gizi. Senam pembentukan terdiri dari gerakan-gerakan berlari, berguling, meloncat, dan menendang. Sehingga senam ini dapat membentuk tubuh dengan baik.

Senam Artistik

Jenis senam irama yang satu ini memang tidak hanya dapat membuat tubuh kita menjadi sehat tetapi juga memiliki unsur seni. Senam irama jenis ini biasanya menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade atau kompetisi olahraga kelas dunia lainnya. Gerakan-gerakan senam artistik sangat cepat, tangkas, dan indah. Sehingga dengan mendalami kemampuan senam artistik, Anda juga dapat mengembangkan jiwa seni yang Anda miliki. Situs berita pendidikan adalah salah satu media yang memberikan informasi tentang senam artistik.

Senam Aerobik

Senam aerobik adalah jenis senam irama yang paling banyak kita temui di berbagai tempat terutama pada pusat kebugaran. Senam yang identik dengan gerakan-gerakan yang membutuhkan energi tinggi ini memang sangat efektif untuk membakar lemak di bagian tubuh seperti perut, paha, dan juga lengan. Jadi bagi Anda yang ingin membentuk tubuh menjadi ideal, Anda dapat melakukan senam aerobik secara rutin.

Senam Si Buyung

Senam yang satu ini dapat Anda pelajari dari berbagai situs berita pendidikan. Senam si buyung biasanya dilakukan oleh anak-anak di bangku sekolah dasar. Senam ini tidak hanya berupa gerakan yang dapat menyehatkan tubuh tetapi juga dimodifikasi dengan berbagai nyanyian dan juga percakapan.

Related posts: