Jenis Sapi Untuk Inspirasi Ibadah Kurban

Sapi adalah salah satu binatang ternak yang dapat dijadikan sapi kurban saat Hari Raya Idul Adha. Biasanya dalam momen Idul Adha di Indonesia, Sapi dan kambing adalah yang paling sering disembelih. Hal ini dikarenakan, hampir seluruh wilayah di Indonesia terdapat kedua jenis hewan ternak ini. Berbeda dengan domba yang jarang ditemukan. Sebagai Inspirasi bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah kurban, maka berikut beberapa jenis sapi yang ada di Indonesia.

Sapi Madura

Sapi Madura adalah sapi yang sering dijadikan binatang kurban pada saat Idul Adha. Sapi yang bisanya berwarna cokelat terang ini bisa diambil manfaatnya berupa tenaga dan dagingnya. Sapi jenis ini merupakan hasil kawin silang antara banteng dan sapi zebu. Sapi ini juga memiliki daya tahan tubuh yang baik di iklim tropis. Sapi Madura ini biasanya memiliki bobot rata-rata 500 kg.

Sapi Ongole

Sapi yang berwarna putih ini sebetulnya berasal dari India, namun sapi ini banyak diternakan di daerah Sumbawa. Sehingga orang Indonesia mengira bahwa sapi ini berasal dari Indonesia. Selain memiliki ciri khas berupa kulit yang putih bersih, sapi ini juga memiliki punk yang besar di belakang kepala. Selain itu juga terdapat gelambir yang ada di bagian bawah leher sampai perut. Sapi ini biasanya memiliki bobot 600 kg untuk jenis jantan dan 450 kg untuk betina. Sapi ini juga dapat dijadikan pilihan untuk sapi kurban.

Sapi Aberden Angus

Sapi ini sangat cocok untuk diambil manfaat dagingnya. Sebab, daging sapi yang berasal dari Skotlandia ini memiliki tekstur daging dan urat yang padat. Sapi jenis ini tidak memiliki tanduk dan berwarna hitam. Selain itu, sapi jenis ini juga tidak memiliki punuk. Bobot sapi jenis ini biasanya berkisar antara 800 hingga 900 kg.

Sapi LIMOSIN

Disebut sebagai sapi limosin dikarenakan asal sapi ini adalah dari Negara Perancis. Sapi ini juga sangat cocok dijadikan sapi kurban. Hal ini dikarenakan bobotnya yang besar yaitu sekitar 1,1 ton untuk jenis jantan dan 500 kg untuk jenis betina. Sapi ini memiliki ciri-ciri berwarna cokelat tua di seluruh tubuh kecuali di bagian kaki dan mata yang berwarna lebih muda.

Related posts: