Jasa Pengurusan SBU Dan Penerapannya

jasa sertifikasiDalam membangun sebuah perusahaan maka akan banyak sekali sertifikat yang harus dimiliki oleh perusahaan tersebut agar dalam pelaksaan kegiatan perusahaan dapat berjalan baik dan tidak terdapat gangguan yang dapat merugikan berbagai macam pihak. Jasa SMK3 merupakan salah satu jenis sertifikat yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dan harus dipenuhi keberadaannya. SMK3 yang dimaksudkan disini adalah pedoman bagi karyawan, manajemen, kontraktor dan tamu yang mana pedoman dari penerapan keselamatan, kesehatan kerja dan perlindungan lingkungan yang telah dilaksanakan secara konsisten, terpadu dan berkesinambungan. Biasanya, para pemilik perusahaan lebih menyukai menggunakan jasa konsultan dalam mengurus sertifikasi tersebut pasalnya akan memudahkan urusan perusahaan dan pemilik perusahaan dapat melakukan hal lainnya yang menyangkut perkembangan dari perusahaan yang dimilikinya.

Bagaimana Penerapan Jasa SMK3 Dan Persiapan Yang Harus Dilakukan?

Pemerintah biasanya mewajibkan bagi semua pemilik usaha yang memiliki karyawan dalam jumlah tertentu harus memiliki beberapa sertifikat mulai dari sertifikat izin dalam mendirikan usaha hingga sertifikat lainnya yang dapat menunjang usaha tersebut dapat berjalan dengan baik. Salah satu jasa sertifikasi yang tidak pernah sepi dari para pemilik perusahaan adalah jasa SMK3. Jasa sertifikasi ini banyak diburu oleh pemilik usaha yang mana sertifikasi SMK3 memang sangat diwajibkan dimiliki oleh perusahaan yang telah memiliki karyawan dengan jumlah minimal 100 orang dan memiliki resiko yang tinggi dalam pekerjaan. Sertifikat ini memberikan jaminan bahwa sistem keselamatan dan kesehatan yang terdapat di perusahaan tersebut telah memenuhi persyaratan yang telah  ditetapkan oleh pemerintah.

Persiapan yang biasanya dilakukan dalam penerapan jasa pengurusan sbu ini adalah kebijakan K3, struktur organisasi perusahaan, membuat struktur panitia P2K3, mengkursus minimal 1 orang ahli, mengursuskan minimal 1 orang P3K, mengursuskan minimal 1 orang Fire Fighting (Pemadam Kebakaran), memasang Rambu2 K3 (safetysign) di kantor dan site, memasang APAR di kantor dan site, memasang Kotak P3K, mengadakan Alat Pelindung Diri (PPE) dan masih banyak lagi jenis persiapan yang harus dipahami dalam pembuatan sertifikat SMK3 tersebut.

Related posts: