Investasi yang untung atau merugi?

Bitcoin merupakan suatu mata uang digital yang memiliki nilai tukar atau juga disebut cryptocurrency exchange yang paling tinggi dibanding dengan mata uang digital yang lainnya. Nilai tukar bitcoin paling tinggi terjadi pada tahun 2010 dimana 1 bitcoinnya senilai dengan Rp. 145 juta rupiah. Lantas apakah bitcoin dapat dijadikan investasi seperti sama halnya dollar?

Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Bitcoin

Sebelum ingin investasi bitcoin ataupun mata uang digital lainnya. Banyak yang harus diperhatikan dari mata uang digital atau cryptocurrency itu sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum investasi mata uang digital.

  1. Nilai Tukar

Nilai tukar pada mata uang digital atau cryptocurrency exchange sangat berbeda dengan nilai tukar pada mata uang biasanya. Apabila nilai mata uang seperti rupiah ke US$ yang cenderung stabil tiap tahunnya, lain halnya apabila bitcoin ditukarkan pada rupiah sangatlah tidak stabil. Terbukti pada 2010 1 BTC senilai dengan Rp. 145 juta kini pada tahun 2018 1 BTC hanya senilai 86 juta saja.

  1. Tingkat keamanan

Salah satu yang menyebabkan nilai tukar bitcoin juga karena bitcoin sudah banyak ditinggalkan oleh peminatnya. Hal ini dikarenakan banyaknya berita mengenai peretasan oleh hacker yang dapat merugikan investor dalam jumlah yang cukup besar. Pihak developer mata uang digital harus dapat meningkatkan keamanan agar tidak terjadi lagi peretasan oleh hacker dan dapat mengembalikan kepercayaan terhadap cryptocurrency.

  1. Status yang masih belum jelas

Status bitcoin sebagai mata uang masih belum jelas di Indonesia. Hasil perbandingan antara BTC dan rupiah tadi saja harus melewati perbandingan BTC terhadap USD$ terlebih dahulu. Tapi ini bukan berarti sebuah berita buruk. Apabila status BTC telah dianggap sebagai mata uang. Siapa tahu nilai cryptocurrency exchange malah cenderung lebih murah.

Diatas adalah hal – hal yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi terhadap mata uang digital. Mungkin terkesan sangat berisiko namun juga sangat menguntungkan. Pintar – pintarlah mengambil langkah dalam investasi tersebut agar dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Dengan apa yang sudah dibahas, masihkah mau investasi mata uang digital?

Related posts: