Inilah Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah yang cenderung tinggi atau biasa dinamakan hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit yang kini mulai sering dijumpai pada kalangan masyarakat Indonesia. Penyakit ini perlu untuk diwaspadai karena bisa memicu penyakit lain yang lebih serius seperti ginjal, jantung, dan lain sebagainya. Normalnya tekanan darah manusia berkisar antara 120/80. Jadi akan lebih baik untuk memeriksa tekanan darah secara rutin agar bisa mendeteksi penyakit ini lebih dini.

Makanan Yang Cocok Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Pola makanan menjadi sangat penting untuk diperhatikan di saat seseorang sudah memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa jenis makanan yang memicu tekanan darah menjadi naik dan turun. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang bisa menurunkan tekanan darah yang wajib untuk diketahui:

  • Oatmeal

Oatmeal adalah produk makanan olahan yang berbahan dasar gandum. Oatmeal sangatlah baik untuk tubuh manusia karena bisa menjaga kesehatan jantung dan memperlancar laju peredaran darah. Hal inilah yang menyebabkan oatmeal menjadi cocok untuk dikonsumsi bagi para penderita hipertensi.

  • Bayam

Sayur bayam menjadi makanan yang mujarab untuk bisa mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Bayam mengandung kadar sodium yang cukup rendah sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi. Selain dari itu bayam juga memiliki kandungan magnesium dan kalium tinggi sehingga pengontrolan tekanan darah lebih terjaga. Namun ingat jika bayam yang lebih dari 5 jam tidak baik untuk dikonsumsi.

  • Kedelai

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang amat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Kedelai bisa menjadi alternatif obat penurun tekanan darah tinggi yang sangat cocok. Kedelai memiliki kandungan isovlafon yang berfungsi memperlebar pembuluh darah dan membantu proses pelepasan zat asam nitrat pada darah.

  • Pisang

Buah pisang sangatlah kaya akan potasium yang sangat berguna bagi kestabilan tekanan darah. Selain itu pisang juga memiliki kadar garam rendah dan kalium tinggi. Kalium berperan penting dalam menjaga peran sodium di dalam darah. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau dicampur pada oatmeal. Buah pisang yang gampang didapat pastinya menjadi solusi yang mudah untuk obat tekanan darah tinggi.

Related posts: