Ini Dia Perbedaan CD Dan DVD

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan CD dan DVD. Sekilas kedua benda ini memang sama, namun sebetulnya memiliki fungsi dan daya guna yang sedikit berbeda. Pada zaman dahulu sebelum adanya flash disk, kita hanya dapat menggunakan CD untuk menyimpan foto ataupun file musik. Saat ini banyak terdapat jasa cetak DVD di berbagai daerah.

Sejarah CD Dan DVD

Compact Disk atau yang lebih sering kita sebut CD adalah sebuah piringan logam yang berbentuk bundar, dapat dialiri listrik dan berfungsi untuk menyimpan data. CD dibuat pada sekitar tahun 1982 oleh Philips dan Sony sebagai pengganti floppy disk yang dianggap kurang dapat memenuhi kebutuhan dalam penyimpanan data. Seiring perkembangan teknologi, CD memiliki berbagai jenis dan fungsi seperti CD-Text, CD Graphics, CD ROM, Video CD, dan lain-lain. Berbagai macam jenis CD ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Pada tahun 1995 Philips, Toshiba, Sony, dan Panasonic membuat DVD yang memiliki basic yang sama dengan CD yaitu optical disk. Seiring perkembangan zaman, DVD pun lebih banyak digunakan daripada CD. Sebelum ada DVD, file video biasanya disimpan dalam CD-Video. Saat ini banyak terdapat jasa cetak DVD di berbagai daerah.

Perbedaan CD Dan DVD

Meskipun memiliki dasar dan bentuk yang sama, tetapi CD dan DVD memiliki beberapa perbedaan.

  1. Kapasitas CD lebih kecil dari DVD. CD umumnya hanya 700 MB, sedangkan DVD berkapasitas antara 4,7 GB sampai 17,08 GB.
  2. CD hanya berfungsi untuk menyimpan data foto dan audio, sedangkan DVD dapat menyimpan data video, program, film, dll.
  3. Pembacaan data pada CD dengan kecepatan 1200 kb/s, sedangkan pada DVD kecepatan pembacaan data 10,5 Mb/s.

Anda dapat memutar CD dengan menggunakan CD player. Namun CD player tidak dapat digunakan untuk memutar DVD. Dengan menggunakan DVD player Anda dapat memutar CD maupun DVD. Apabila Anda ingin mendokumentasikan sesuatu kemudian menyimpannya dalam DVD, saat ini banyak jasa cetak DVD yang dapat membantu Anda.

Related posts: