Ini Dia Doa Untuk Mandi Wajib

Sebagai umat muslim yang taat tentu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesucian diri. Bersuci atau thaharah dapat dilakukan dengan menggunakan air maupun tanpa air. Bersuci tanpa air disebut tayamum sedangkan bersuci menggunakan air dapat dilakukan dengan cara berwudhu maupun mandi. Mandi dibedakan menjadi mandi sunah dan mandi wajib. Doa mandi wajib hendaknya harus senantiasa dibaca sebelum melakukan mandi wajib itu sendiri.

Doa Untuk Melakukan Niat Mandi Wajib

Telah kita ketahui sebelumnya bahwa niat merupakan salah satu bagian dari mandi wajib yang sangat penting untuk dilakukan. Doa mandi wajib juga yang dapat dijadikan sebagai pembeda dengan mandi biasa pada umumnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui doa yang dilafalkan pada saat akan melaksanakan mandi wajib. Berikut adalah uraiannya:

  • Doa untuk melakukan mandi wajib secara umum

Doa sebelum melakukan mandi wajib sangatlah dianjurkan untuk dibaca. Terdapat berbagai jenis doa sebelum mandi wajib. Secara umum doa sebelum mandi wajib yaitu : Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhallillahita’ala. Artinya saya berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadast besar fardhu karena perintah Allah.

  • Doa untuk melakukan mandi wajib setelah menstruasi

Doa yang dapat Anda baca untuk niat mandi wajib setelah selesai menstruasi yaitu: Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil haidi lillahita’ala. Artinya saya niat mandi wajib untuk menghilangkan hadast haid karena perintah Allah SWT.

  • Doa untuk mandi wajib setelah melakukan hubungan suami istri

Doa yang dibaca sebelum melakukan mandi wajib karena hubungan suami istri adalah Nawaitu ghusla liraf’il hadatsil akbari ‘an jamiil badanii likhuruji manniyi minal inaabati fardhal lillahita’ala.

  • Doa untuk melakukan mandi wajib setelah nifas

Doa yang dapat Anda baca sebelum melakukan mandi wajib yaitu nawaitu ghusla liraf’il hadatsil akbar minal nifasi fardhal lillahita’ala.

Demikianlah beberapa doa yang dapat Anda baca untuk doa mandi wajib. Sebaiknya Anda menghafalkan doa tersebut agar lebih mudah untuk mengaplikasikannya. Doa mandi wajib sangatlah dianjurkan untuk dibaca sebelum melakukan mandi wajib agar mandi wajib Anda sah. Semoga bermanfaat.

Related posts: